Rapat Bamus DPRD Tulungagung Bahas Persiapan Penyampaian LKPJ Bupati Secara Virtual
Rapat Bamus Di Ruang Aspirasi DPRD Tulungagung
By: gunawan
21 Apr 2020 09:54
 
 

Tulungagung - Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Tulungagung mengelar rapat pembahasan tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tulungagung Tahun 2019 secara virtual di Ruang Aspirasi DPRD Tulungagung.

Dalam pembahasan disepakati rapat paripurna penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban LKPJ Bupati akan digelar pada hari Rabu 22-04-2020 dan dilakukan secara virtual dengan melalui video conferecce (conferecce video).

Hal ini diterapkan karena dalam rangka mengikuti anjuran surat edaran dari Kemendagri tentang penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan pemerintah daerah yang disampaikan ke Gubernur dan Bupati untuk mengoptimalisasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rapat, pertemuan, sosialisasi, maupun pertemuan penting agar memfaatkan sarana telecoference (Video conferecce).

Dijelaskan pula dalam edaran Kemendagri juga tertuang bahwa demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan tugas rutin di lingkungan pemerintah daerah yang di tetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19, dapat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dengan DPRD dengan memfaatkan telecoference dan waktu penyampaian bisa diundur paling lambat tanggal 30 April 2020.

Ketua DPRD Tulungagung Marsono SSos, mengatakan pada rapat Badan Musyawarah dilaksanakan kamis ( 16/04) secara virtual karena dalam rangka mengikuti anjuran Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Dalam Negeri.

" Pelaksanaan Bamus dengan menggunakan telecoference ini sifatnya sementara, sebaliknya untuk pelaksanaan paripurna nanti juga dilakukan rapat secara virtual. ketiga pandemi corona berakhir maka pelaksanaan tetap kembali seperti semula," kata Marsono.

Lebih lanjut marsono mengatakan, dalam surat edaran Kemendagri juga menyebutkan penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban bisa di undur paling lambat hingga tanggal 30 akhir bulan maret ini, karena mengacu dari surat edaran dari Kemendagri.

" Kendati demikian, kita sudah sepakat rapat paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Tulungagung 2019 akan di gelar besuk rabu, 22 Maret 2020," jelas Politisi kawakan PDIP ini.

Sama halnya yang dikatakan, Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar, Asmungi, menurutnya, penjadwalan pelaksanaan rapat paripurna penyampain LKPJ Bupati Tulungagung tahun 2019 sudah disepakati pada hari rabu 22 Maret oleh semua undangan di rapat Bamus saat ini.

"Rapat paripurna yang digelar pada hari rabu nanti juga dilakukan secara virtual sama pada pelaksanaan rapat musyawarah saat ini. Yakni dengan melalui video conferecce," ungkapnya.

Diruang yang sama Budi Fatahilah selaku Sekretaris Dewan mengatakan, rapat bamus hari ini dilakukan secara virtual, dengan pembahasan jadwal LKPJ Bupati Tulungagung 2019.

" Rapat terbatas ini di hadiri oleh Ketua DPRD, seluruh Wakil Ketua DPRD dan Sekretaris Dewan, dan di monitor oleh anggota bamus di kediaman masing-masing," jelasnya.

Kita gelar rapat seperti ini, lanjut Budi, untuk menindak lanjuti adanya surat edaran dari pemerintah pusat yaitu dari Kemendagri nomor 440/2436/ SJ Tanggal 17 Maret 2020. Meski tampa tatap muka lancar terkendali.

" kita terapkan sosial dictancing, hasil pun berakhir lancar, dengan hasil akhir di kesepakatan semua, rapat paripurna LKPJ Bupati akan di laksanakan pada hari rabu dan dilaksanakan secara virtual," terangnya.

Budi juga menuturkan, rangkisan agenda rapat paripurna nanti dilakukan masih sama dengan rapat biasanya. Pihak-pihaknya yang memberi menyampaikan adalah selaku dewan, Bupati dan Ketua Dewan di ruang aspirasi DPRD Tulungagung.

" Rangkaian tetap sama kemudian undangan ya tetap kami undang, seperti OPD dan lain-lain, cuma pertemuannya melalui telecoference," tutup pria ramah ini.


Create Account



Log In Your Account