PMI Tulungagung Gelar Donor Darah Keliling
Donor Darah Massal Di Depan RSUD Dr Iskak Tulungagung, Selasa (5/11)
By: gunawan
5 Nov 2019 21:18
 
 

Tulungagung (BM) Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengelar Donor Darah keliling untuk menambah stok persediaan kebutuhan permintaan. Kali ini aksi yang di lakukan PMI untuk mengalang pendonor di lakukan di halaman RSUD Dr Iskak Tulungagung.

Bagian Umum UTD PMI Tulungagung, Yuri, Senin (5/11), mengatakan untuk kegiatan secara "mobile" (keliling), selain hari ini di adakan RSUD Dr Iskak, PMI juga rutin mengadakan kegiatan donor darah masal di lembaga pemerintah maupun organisasi masyarakat dan sekolah/perguruan tinggi yang aktif setiap 3 bulan sekali.

"kami rutin mengadakan kegiatan donor darah massal setiap 3 bulan sekali di berbagai titik yang sudah terjadwal" kata yuri.

Dikatakan Yuri, hari ini yang berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya yaitu dari pegawai rsu dan karyawan umum serta masyarakat yang lewat maupun yang menunggu keluarga pasien juga ikut berpartisipasi.

Menurutnya Jumlah pendonor di depan RSUD Dr Iskak yaitu sebanyak 58 pendonor. Diantaranya pendonor pria 32, pendonor wanita 26, dari jumlah 58 yang 44 pendonor ulang atau pendonor rutin, dan yang 14 pendonor baru.

"Hari ini ada 58 pendonor, dan hasilnya mendapatkan darah golongan A:14. golongan B:19. golongan O:22 dan AB:3 " katanya.

Yuri mengatakan, kesadaran serta antusias masyarakat Tulungagung cukup tinggi dalam rangka kepedulian terhadap sesama, khususnya donor darah, sesuai slogan "Sumbangan darah selamatkan jiwa"

Ia mengajak kepada masyarakat, baik perorangan maupun kelompok untuk mendonorkan darah dikantor pmi dari sebagaian kemanusiaan dan menyehatkan bangsa.

Sementara itu stok darah PMI Tulungagung cukup aman yaitu Darah Wholed Blood, golongan A:6, B:3, O:4, AB:1. Dari Darah PRC golongan A:204, B:235, O:420, AB:28. Darah komonen Trobosit (TC) golongan A:9, B:2, O:10, golok AB:0. Darah Komponen Liquit Plasma berjumlah golongan A:8, B:12, O:10, AB:8.


Create Account



Log In Your Account