Perketat Perbatasan Tulungagung, Kendaraan Harus Berhenti Dulu
Foto Bupati Tulungagung Dan Kapolres Tulungagung Bersama Gugus Satgas Covid-19 Saat Memeriksa Penumpang
By: gunawan
29 Mar 2020 00:49
 
 

Tulungagung (BM) - Kendaraan dari Luar kota yang ingin melintas perbatasan masuk kota Tulungagung harus berhenti dulu.

Bukannya ada pemeriksaan surat-surat kendaraan namun kali pemeriksaan dilakukan kepada penumpang untuk mengetahui suhu badan tubuh bagi penumpang.

Seperti yang terlihat ini, Sabtu (28/03/2020), tampak gabungan dari Gugus Satgas Covid-19 tengah lakunya pemeriksaan, mulai menyemprot cairan disinfektan ke bodi kendaraan, dan tempat duduk, hingga pengecekan suhu tubuh terhadap penumpang.

" Kita berhentikan kendaraan yang melintas kita semprot disenfiktan dan kita cek semua penumpang termasuk sopir mengunakan termo gun " ucap Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia.

Menurutnya, Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona, seandainya ada penumpang tampa disadari dirinya terpapar virus corona.

Dirinya menjelaskan, bahwa hari ini sudah tercatat ada ratusan orang dalam pemantauan (OPD) dan puluhan pasien dalam pengawasan (PDP), di Tulungagung.

Hal ini diperkirakan banyak warga dari Tulungagung yang menjadi pekerja migran ke luar negeri.

" Ada sekitar 27 ribu tki selama 3 tahun warga Tulungagung yang menjadi pekerja migran di luar negeri ," terang Kapolres Tulungagung.

Kendati demikian, Kapolres Tulungagung menghimbau kepada masyarakat, agar tidak panik, meski informasinya akan ada sebagian tki yang akan mudik sebelum lebaran ini.

" Kita akan mendata semua bila ada tki pulang, dan akan mengisolasi selam 14 hari, dan akan dipantau oleh petugas dinas kesehatan" jelasnya.

Seperti halnya yang dikatakan, Bupati Tulungagung Mariyoto Birowo MM, mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan di ngantru perbatasan Tulungagung- Kediri, dilakukan untuk mengantisipasi penyembaran virus corona.

Selain di Kecamatan Ngantru , Mariyoto mengatakan, kegiatan pemeriksaan dan penyemprotan disinfektan juga dilakukan di seluruh perbatasan wilayah Tulungagung, yaitu seperti kecamatan Ngondang perbatasan Trenggalek, Kecamatan Rejotangan perbatasan Blitar.

" kita lakukan di seluruh perbatasan wilayah Tulungagung, untuk pencegahan terjadinya penyebaran virus corona kita pastikan bahwa penumpang memang terbebas dari virus corona," jelas Mariyoto.

Ditambahkanya, bila nanti ada gejala-gejala pada penumpang saat diperiksa, penumpang akan segera ditangani oleh petugas kesehatan dan dibawa ke RSUD dr iskak.

Selain itu, menurut Mariyoto, pemeriksaan tidak berhenti disitu saja, nantinya pemeriksaan akan dilakukan kepada orang yang baru pulang dari luar negeri, maupun dari luar antar kota, ke seluruh wilayah Tulungagung.

Untuk mencari datanya, pihaknya akan berkoordinasi kepada perangkat desa maupun pihak lainya untuk mengetahui keberadaannya.

" kita minta data datanya nanti, ke perangkat desa atau pihak bersangkutan agar mudah kita memeriksanya" tutup Bupati.

Selanjutanya, di tempat kegiatan tampak di hadiri, oleh gambungan Gugus Covid-19, yaitu Bupati Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Damdim 0807 berserta dinas terkait. (gun) 


Create Account



Log In Your Account