Komisi C Dan Komisi D DPRD Tulungagung Selesaikan Pembahasan LKPJ Bupati Tahun 2019
Foto Komisi C Hearing Bersama OPD Lingkup Pemkab Tulungagung.
By: gunawan
7 Mei 2020 22:43
 
 

TULUNGAGUNG, BERITA METRO - Komisi C dan Komisi D DPRD Kabupaten Tulungagung pada Rabu (6/5/202) telah menyelesaikan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2019.

Hal ini tak lepas dari keseriusan komisi-komisi DPRD Tulungagung dan pimpinan DPRD Tulungagung bersama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup  Pemkab Tulungagung.

Ketua komisi A DPRD Tulungagung, Gunawan mengatakan, hearing pembahasan LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2019 diakhiri hari ini oleh komisi C dan komisi D. Hearing yang di gelar di ruang aspirasi DPRD Tulungagung dilakukan Komisi C bersama BPKAD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan.

Sedangkan hearing komisi D bersama RSUD dr Iskak dan Bappeda dilakukan di Ruang Graha Wijaksana DPRD Tulungagung.

" Hearing pembahasan LKPJ Bupati hari ini diakhiri oleh dua komisi DPRD Tulungagung. Sedangkan hearing terakhir komisi A digelar kemarin bersama Dispendikpora dan Bappeda bidang Pemas" jelas Gunawan, Kamis (7/5).

Apresiasi ini juga di ungkapkan oleh Asrori SH, selaku ketua komisi C DPRD Tulungagung, dirinya mengatakan, setelah pembahasan LKPJ selesai maka selanjutnya akan dijadwalkan rapat paripurna dengan agenda pandangan akhir fraksi terhadap LKPJ tersebut.

" Alkamdulilah pembahasan LKPJ akhirnya selesai. kendati hearing di tengah pandemi Corona, namun ini sudah tugas wakil rakyat dan untuk kepentingan bersama," katanya.

Lebih lanjut Asrori mengatakan, terkait tindak lanjut pembahasan LKPJ Bupati 2019 ini ada beberapa catatan yang harus disampaikan oleh fraksi-fraksi kepada Bupati, catatan tersebut nantinya akan disampaikan pada pandangan akhir fraksi saat paripurna yang pada umumnya semua program dan kegiatan bisa dilaksanakan sesuai rencana, meskipun memang hampir semua tidak terlaksana 100% ada sisa, namun memang hal tersebut banyak penghematan jadi bukan karena tidak bisa menggunakan anggaran, jadi realisasi fisiknya sudah 100%.

" Ada banyak penghematan, bukan karena tidak bisa mengunakan anggaaran. Dan hasil laporan ini nanti kita laporkan pada pimpinan untuk di tindak lanjuti," terang Asrori.

Untuk anggaran tahun ini, sambung Asrori, sesuai dengan edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan pengeseran anggaaran atau relokasi anggaaran dalam menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 di Propinsi Jawa Timur dan daerah terdampak lainya. Pemangkasan jalur tersebut sudah di buat dalam peraturan Kemendagri nomor 20 tahun 2020 rentang percepatan penanganan coronavirus di lingkungan daerah.

"Pemangkasan besar dari pusat yang akan dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19," paparnya.

Selanjutnya di tempat yang sama Budi Fatahillah Mansyur selaku Sekertaris DPRD Tulungagung juga mengatakan, setelah berakhirnya pembahasan LKPJ Bupati tersebut, selanjutnya DPRD Tulungagung akan mempersiapkan rapat paripurna, namun sebelum itu, DPRD Tulungagung akan melakukan rapat Bamus untuk mengagendakan rapat paripurna tersebut.

" Kita gelar rapat Badan Musyawarah dulu yang dilaksanakan hari Rabu, 6 Mei 2020, untuk menjadwalkan rapat paripurna persetujuan bersama," terang Sekretaris DPRD ini.(gun).


Create Account



Log In Your Account