Komisi A DPRD Mojokerto Studi Banding Ke DPRD Tulungagung Terkait SAKIP
Foto Komisi A DPRD Mojokerto Di Ruang Bapemperda DPRD Tulungagung, Kamis (5/3/2020)
By: gunawan
6 Mar 2020 01:12
 
 

Tulungagung (BM) - Tulungagung layak menjadi percontohan Kota lain, Buktinya, kamis (5/3/2020), Rombongan Komisi A DPRD Mojokerto memilih Kabupaten Tulungagung menjadi tempat studi banding terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Intasi Pemerintah (SAKIP). Pasalnya, Kabupaten Tulungagung sudah meraih SAKIP Predikat BB, sedangkan Kota Mojokerto masih berpridikat B.

Kedatangan rombongan Komisi A DPRD Mojokerto tiba di Gedung DPRD Tulungagung di sambut hangat penuh antusias oleh Ketua Komisi A DPRD Tulungagung Gunawan dan sejumlah OPD Pemkab Tulungagung, dalam kunjungan tersebut berlanjut di Ruang Bapemperda DPRD Tulungagung.

Dalam diskusi tersebut, rombongan Komisi A DPRD Mojokerto yang di Ketuahi oleh Hj Sulistyowati SE, sebelumnya sangat mengapresiasikan kepada Pemerintah Tulungagung bahwa sudah menyambut dengan baik kedatangannya bersama rombongannya.

Sulistyowati mengatakan mengapa Tulungagung menjadi tempat studi banding dari rombongannya, sebab Tulungagung sudah meraih SAKIP predikat BB yang perlu di contoh dari kota lain.

Dirinya menambakan maksud kunjungan tersebut ingin mempelajari lebih lanjut tentang kota Tulungagung bisa meraih SAKIP Tulungagung berpredikat BB. Utamanya lagi ingin mengetahui lebih lanjut terkait lima kriteria tentang SAKIP.

Selanjutnya Ketua Komisi A DPRD Tulungagung Gunawan, mengatakan sangat antusias sekali oleh kunjungan dari Komisi A DPRD Mojokerto, bahwa Tulungagung kembali menjadi tempat tujuan studi banding lagi dari kota lain. Ia mengatakan akan menjelaskan semua foktor tentang SAKIP yang diraih Kota Tulungagung.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan penjelasan akan dimintai oleh perwakilan dari Bagian Administrasi Organisasi Sekda Tulungagung, ia menambahkan, Tulungagung memang sudah meraih predikat BB dalam penilaian SAKIP, dan menurutnya pada tahun lalu 2019 nilai yang di raih sudah mencapai 75.

Selanjutnya dari penjelasan perwakilan Bagian Administrasi Organisasi Sekda Tulungagung saat memaparkan tentang penilaian SAKIP, mengatakan kuncinya adalah kekompakan serta bersinergi antara tiga pilar, yaitu selalu kompak antara Inspektorat, Bappeda maupun Bagian Administrasi Organisasi Sekda.

Lanjut nya, selain kekompakan yang di jaga tiga pilar itu, faktor utama lainnya adalah komitmen Bupati dalam melaksanakan seluruh rekomendasi dari menpan RB tersebut,"

" Jadi yang utama ada foktor-faktor itu kita bisa meraih penilaian SAKIP sekarang ini dan bisa berpredikat BB," tandasnya.(gun)


Create Account



Log In Your Account