Ekspor Ikan Hias Perbulan Capai 30 Ribu Ekor
By: redaktur
18 Feb 2018 23:05
 
 
TULUNGAGUNG (BM) - Selain penghasil marmer, Kabupaten Tungagung juga termasuk central pembudi daya ikan hias. Setiap bulannya, rata-rata melakukan ekspor ikan hias keluar negeri sebanyak 30 ribu ekor hias jenis ikan koki.
 
Selain ikan hias jenis koki di ekspor ke luar negeri, pembudidaya ikan hias koki juga menjual di pasaran kota-kota besar di dalam negeri seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Bali, Banjarmasin, dan beberapa kota lainya.
 
Kasi Budidaya Ikan, Dinas Perikanan Tulungagungung, Andra Rejekining Rahayu mengatakan, daerahnya termasuk central di propinsi Jawa Timur yang masuk di segitiga emas dengan dua kabupaten kota lain. “Ikan koki di Tulungagug sudah di ekspor ke 8 negara, untuk pengeskporan saat ini masih bekerjasama dengan PT dari Tangerang," katanya.
 
PT Tanggerang bekerjasama dengan petani ikan hias melakukan ekspor ikan hias koki 30 ribu ikan setiap bulannya. Selain ikan hias koki, petani melakukan budidaya ikan jenis lainya, di antara ikan yang dibudidaya adalah ikan ikan komet dan ikan berta. Hanya saja, dua jenis ikan itu tidak menjadi salah satu unggulan,” katanya.
 
Dijelaskan Andra, saat ini jumlah pembudiya ikan di Tulungagung berkisar 302 pembudidaya, khusus peminatnya yang membudidaya ikan hias sekitar 130 orang, dari jumlah pembudidaya ikan tersebar di sejumplah kecamatan, di antaranya  Kecamatan Boyolangu, Kedungwaru, Sumbergempol, dan Tulungagung Kota. (gun/udi)
 

Create Account



Log In Your Account