Cegah Virus Corona, Dishub Tulungagung Semprotkan Disinfektan
Foto- Bupati Tulungagung Dan Kapala Dishub Serta Kapolres Dan Kepala Dinas Lingkup Pemkab Tulungagung
By: gunawan
18 Mar 2020 17:53
 
 

Tulungagung (BM) - Antisipasi penyebaran Virus Corona di kota Tulungagung, Dishub Tulungagung lakukan penyemprotan disinfektan, rabu (18/03/2020).

Penyemprotan di lakukan di lokasi Terminal Gayatri Tulungagung dan di hadiri oleh Bupati Tulungagung, Mariyoto Bhirowo MM, Kapolres Tulungagung AKBP EG Pandia, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung dan Kepala Dinas Lingkup Pemkab Tulungagung, serta Jajaran Forkompinda Tulungagung.

Dengan memakai masker serta berbekal alat semprot dan cairan disinfektan, Bupati Tulungagung Mariyoto Bhirowo dan Kapolres Tulungagung AKBP EG Pandia tampak menyisir Bus Sekolah dan fasilitas publik yang ada di Terminal Gayatri Tulungagung.

Kepala Dinas Perhubungan Tulungagung, Mariyani mengatakan, penyemprot disinfektan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut, dimana kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tulungagung.

" Hari ini Dishub bekerja sama dengan Dinas kesehatan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di terminal tulungagung, dan di hadiri oleh Bupati Tulungagung dan Kapolres Tulungagung," ungkapnya.

Menurut Mariyani, penyemprotan ini yang akan disasar adalah kantor Dinas sendiri, kemudian 9 armada Bus sekolah dan 31 armada MPU serta tempat-tempat di lokasi terminal, yaitu tempat duduk, pagar dan benda yang bersentuhan langsung oleh tangan.

" Selain di terminal, nanti kita lakukan penyemprotan di tempat pelayanan Uji Kir ," katanya.

Selain penyemprotan, kita akan sosialisasikan kepada semua petugas dan masyarakat umum yang ada di terminal tersebut terkait bahayanya virus corona, serta menghimbau kepada masyarakat yang ada di terminal untuk menerapkan pola hidup sehat.

" kita himbauan kepada masyarakat bagaimana mencegah penularan virus corona itu, " jelasnya.

Sementara di tempat yang sama, Bupati Tulungagung Mariyoto Bhirowo MM, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan itu merupakan suatu bentuk cara Pemerintah Tulungagung untuk mengantisipasi ancaman penyebaran virus corona yang tidak menutup kemungkinan bisa menyebar dalam 14 hari.

Lanjut, Mariyoto Bhirowo, dirinya menjelaskan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di terminal, menurutnya terminal adalah tempat umum berkumpulnya banyak orang dari luar kota maupun lokal. pihaknya mengatakan adanya penyemprot ini nantinya bisa mengurangi penyebaran virus corona yang tidak menutup kemungkinan bisa menyebar di kota Tulungagung.

" Adanya penyemprotan cairan disinfektan Covid-19, saya berharap kota Tulungagung bebas dari Virus Corona"

Lebih lanjut Mariyoto mengatakan, selain di terminal, penyemprot akan di lakukan di beberap titik, seperti stasiun, pasar, dan tempat umum seperti ATM, serta kantor pelayanan di kota Tulungagung.

Pihaknya menjelaskan penyemprotan yang dilakukan oleh petugas nantinya dilakukan di tempat seperti tempat duduk, meja, pintu dan benda lainnya, karena menurutnya virus tersebut menyebar tidak melalui udara, melainkan bersentuhan langsung atau menempel di sebuah benda.

Pihaknya juga menambahkan, adanya virus corona ini, Ia memerintahkan untuk menutup sementara tempa-tempat hiburan malam dan tempat wisata di Tulungagung dengan alasan untuk menyesuaikan perkembangan dan situasi yang di intruksikan oleh pemerintah pusat. (gun)


Create Account



Log In Your Account