Bupati Tulungagung Launching Pasar Ngemplak Menjadi Pasar Tangguh Semeru
Foto Bupati Tulungagung Saat Launching Pasar Ngemplak Tangguh Dengan Di Danpingi Kapolres Tulungagung Dan Dandim 0807
By: gunawan
19 Jun 2020 01:36
 
 

TULUNGAGUNG (BM) - Pasar Ngemplak yang ada di Kelurahan Botoran Tulungagung, sekarang menjadi Pasar Tangguh Semeru.

Pasar Ngemplak yang baru di launching Bupati Tulungagung, Kamis (18/6/2020) sekarang dijadikan pasar yang sehat, aman, tertib dan rukun.

" Kita hari ini resmikan Pasar Ngemplak menjadi Pasar Tangguh, dan kita jadikan pasar ini menjadi pasar sehat, aman, tertib dan rukun," ucap Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo dalam sambutannya di launching Pasar Ngemplak.

Pasar Tangguh merupakan pasar yang kita bentuk kesiapsiagaan dan kemandirian dalam menghadapi bencana alam maupun non alam termasuk yang saat ini terjadi yaitu Pandemi Covid-19. Pasar juga merupakan tempat publik yang diperuntukkan transaksi jual beli kebutuhan pokok maupun non pokok, serta merupakan roda perputaran ekonomi masyarakat.

Dengan akan diberlakukan news normal ini, maka seluruh sektor dalam kehidupan harus di optimalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain sektor pendidikan, pariwisata, pertanian dan pangan, bidang ekonomi di pasar ini sudah mulai saatnya untuk di fungsikan kembali seperti sebelum berlaku masa darurat Covid-19. Hal ini diperlukan agar masyarakat lebih leluasa dalam melakukan transaksi jual beli dan menjalankan roda perekonomian.

" Kita akan memberi leluasa pada masyarakat bila new normal sudah berlaku. Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas normal lagi dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Lanjut Maryoto, dirinya mengajak bersama-bersama untuk menata kehidupan baru ke depan menghadapi situasi baik dimana Persiden dan Gubernur Jawa Timur sudah menyampaikan bahwa kita harus siap menghadapi News Normal disegala bidang termasuk bidang ekonomi.

Seperti saat ini, kita tidak menginginkan kondisi pasar seperti ini, dimana masyarakat yang datang ke pasar merasa takut akibat masa darurat Covid-19, dan di kwatirkan dengan kondisi seperti ini bila berlarut-larut bisa menimbulkan pengaruh negatif terhadap kegiatan roda perekonomian masyarakat.

" Virus Corona tidak akan hilang, maka mau tidak mau harus menyiapkan protokol kesehatan, sehingga aktivitas sosial khususnya pada perekonomian harus berjalan," ungkapnya.

Dengan di launching Pasar Tangguh Semeru ini, Pasar Ngemplak di harapkan menjadi kuat dalam menghadapi Covid-19 serta harus siap dalam menghadapi News Normal dan bertekad menjaga kebersihan, menjaga jarak aman, kemudian memakai masker bersama-sama.

" Selalu memakai masker, terapkan Sosial Distancing, selalu sering cuci tangan," tutup Maryoto.

Sementara Kapolres Tulungagung AKBP Guna Eva Pandia dalam sambutannya mengatakan, launching Pasar Tangguh Semeru, sehat, aman, tertib dan rukun ini merupakan bentuk pengembangan pelaksanaan pemerintahan Kapolda Jawa Timur setelah Kampung Tangguh Semeru di bentuk dalam membina dan menumbuhkan kesadaran penjual dan pembeli dalam masa menghadapi Pandemi Covid-19 untuk memutuskan mata rantai penyebarannya.

Dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu menjaga kesehatan dirinya serta menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan orang lain dalam lingkungan pasar Ngemplak tersebut atas potensi penularan Covid-19.

" Saya berharap masyarakat bisa mendukung kinerja pemerintah khususnya pada perdagangan maupun pembeli di pasar ini, untuk selalu terapkan protokol kesehatan," cetusnya.

Kemudian pemerintah, lanjut Kapolres, akan menerapkan News Normal yaitu skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi serta akan tetap mengedepankan disiplin dan mematuhi protokol kesehatan.

"Menuju news normal bertujuan untuk memulihkan sosial ekonomi dengan cara saat beraktivitas selalu mengedepankan disiplin yaitu menerapkan protokol kesehatan"

"Dan saya minta dukungan dari masyarakat semuanya untuk menyukseskan kegiatan ini, dengan cara mematuhi aturan-aturan pemerintah, dengan selalu menerapkan Physical distancing (sosial distancing) jaga kebersihan, jaga jarak aman, cuci tangan, pakai masker, dimana pun berada" tutup Kapolres. (gun)


Create Account



Log In Your Account