Ketua DPRD Sementara Trenggalek Diadiahi Ayam Jago
By: redaktur
26 Ags 2019 15:24
 
 
TRENGGALEK (BM) Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Trenggalek masa bakti 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Dari 45 anggota baru ada 15 wajah baru setelah ditetapkan oleh KPUD melalui hasil pemilu pada 17 April.
Ada yang unik dalam proses tersebut, yakni Asosiasi Kepala Desa (AKD) mewakili aspirasi masyarakat memberikan ayam jago kepada Ketua DPRD sementara sebagai simbol bahwa agar anggota DPRD yang dilantik untuk bisa lebih baik bertarung memperjuangkan aspirasi rakyat ke depannya. Dengan pada prioritas pembangunan, pengentasan ekonomi dan lainnya.
Ketua Sementara DPRD Trenggalek mengatakan, pada pelaksanaan kali ini secara resmi anggota DPRD lama telah diberhentikan dan anggota DPRD baru masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik sesuai SK Gubernur Jawa Timur nomor 171406/1014/011.2/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD masa jabatan 2019-2024. Jadi kali ini merupakan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota legislatif masa jabatan 2019-2024 dari hasil penetapan pada pemilu 17 April.
"Kedepan prioritasnya sendiri diharapkan kepada anggota DPRD yang baru atau wajah baru dengan sejumlah 15 orang tersebut agar segera bergabung dan menyesuaikan diri bersama anggota DPRD lama. Karena di tahun 2019 ini DPRD dihadapkan dengan pembentukan alat kelengkapan DPRD, pembentukan, fraksi-fraksi, komisi, kedewanan, serta pekerjaan tentang pengelolaan menuju pemerintahan juga cukup padat," ungkap Samsul Anam, Senin (26/8).
Samsul juga menyampaikan bahwa DPRD dalam waktu dekat ini juga harus segera membahas APBD tahun 2020 serta masih ada pekerjaan juga terkait pemilihan Wakil Bupati yang semalam dua calon sudah masuk melalui kesekretariatan Panlih. Dengan sudah masuknya nama maka harus segera diproses sesuai dengan perundang undangan.
"Memang tadi ada pemberian ayam jago dari AKD yang sangat menginspirasi, pemberian ayam jago ini bahwa ayam merupakan simbol pertarungan apalagi ayam jantan. AKD berharap mudah-mudahan kami di DPRD sebagai fungsi legislasi serta fungsi pengawasan, bisa mengoptimalkan fungsi-fungsi tersebut," jelas Samsul Anam
Dikatakan Samsul, sesuai otonomi daerah DPRD merupakan unsur pemerintah, sehingga pada pembahasan APBD tentunya ada kesepakatan bersama karena terdapat fungsi RPJMD. Setelah adanya keputusan maka fingsi pengawasan DPRD juga harus berjalan.
Ditempat yang sama Puryono Ketua AKD Trenggalek usai memberikan ayam jago tersebut menyampaikan, pemberian ayam itu sebagai simbol perjuangan, AKD sebagai wakil rakyat, kali ini dititipi dari rakyat yakni titip aspirasi. Bahwa artinya DPRD sebagai petarung diharapkan mampu memperjuangkan aspirasi rakyat, serta menyelamatkan uang rakyat. Dengan harapan kedepan kepada DPRD terpilih, ayam jago ini sebagai simbol perjuangan rakyat sebagai aspirasi masyarakat dan maka kedepan harus lebih baik dari tahun sebelumnya.
"K edepan anggota DPRD harus konsen pada pembangunan insfrastruktur, kebijakan terutama di pengentasan kemiskinan, pengambilan kebijakan ekonomi dan semua itu sangatlah penting," ucapnya
Puryono juga menambahkan, selain itu pada penataan atau floting pada komisi DPRD, juga harus dipastikan sesuai bidang masing-masing dan ilmu masing-masing. Karena kalau nanti penempatan di alat kelengkapan dewan salah maka hanya akan menjadi blunder. Karena tidak sesuai dengan kepiawaian masing-masing atau ilmu yang dimiliki anggota. (rud/udi)

Create Account



Log In Your Account