Bonus Atlet Jawa Timur Peraih Medali SEA Games 2019 Sudah Dicairkan
BONUS: Atlet Jawa Timur Peraih Medali SEA Games 2019 Saat Menerima Pencarian Bonus Di Gedung Negara Grahadi, Minggu (22/12/2019) Malam Silam. (BM/IST)
By: harun
24 Jan 2020 07:52
 
 

SURABAYA (BM) - Buah hasil perjuangan luar biasa atlet SEA Games 2019 asal Jawa Timur dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia di kawasan Asia Tenggara akhirnya dapat dipetik dan dinikmati. Pasalnya, bonus bagi atlet peraih medali telah dicairkan, Minggu (22/12/2019) malam silam.

Kegiatan serah terima bonus untuk atlet Jawa Timur yang memperoleh medali di SEA Games 2019 tersebut dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi. Sedikitnya total Rp6 miliar bonus yang telah dikucurkan kepada atlet berprestasi.

Apresiasi itu menjadi sesuatu yang wajar, sebab atlet Jawa Timur merupakan tulang punggung kontingen Indonesia di ajang internasional. Salah satunya SEA Games 2019 lalu. Saat itu, Jatim mengirimkan sebanyak 121 atlet, dan 29 pelatih pada multi even dua tahunan tersebut.

Menurut data yang dihimpun oleh KONI Jatim, dari total 72 emas yang diperoleh Kontingen Indonesia, sebanyak 26 emas di antaranya berasal dari atlet Jatim. Sehingga capaian jumlah tersebut melebihi perolehan wakil Jawa Barat Jabar dengan 22 emas dan DKI Jakarta dengan 12 emas.

Prestasi membanggakan para atlet Jatim pun diapresiasi dengan pemberian bonus. Bonus untuk peraih medali emas perorangan sebesar Rp75 juta, emas beregu dua hingga tiga orang sebesar Rp70 juta, kemudian beregu empat sampai enam orang sebesar Rp65 juta. Sedangkan emas beregu lebih dari enam orang sebesar Rp60 juta.

Berikutnya, peraih medali perak perorangan diganjar bonus sebesar Rp55 juta, perak beregu dua hingga tiga orang sebesar Rp50 juta, dan perak beregu empat sampai enam orang sebesar Rp45 juta. Sementara perak beregu lebih dari enam orang sebesar Rp40 juta.

Selanjutnya, untuk medali perunggu perorangan diberikan bonus sebesar Rp35 juta, perunggu beregu dua sampai tiga orang sebesar Rp30 juta, perunggu beregu empat hingga enam orang sebesar Rp25 juta. Sedangkan perunggu beregu lebih dari enam orang sebesar Rp20 juta.

Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan, jumlah bonus yang diberikan memang tidak sebesar bonus Asian Games 2018 kemarin. Sebab, level serta skala SEA Games memang lebih kecil daripada Asian Games.

“Bonus ini penting karena terakhir ada bonus saat SEA Games 2015 lalu. Sedangkan SEA Games 2017 Malaysia itu tidak dapat bonus,” ungkap Erlangga. Ia menambahkan, bonus SEA Games 2019 baru cair 25 persen. “Sisanya tahun depan,” ujarnya. (adv)


Create Account



Log In Your Account