Berlangsung Megah, Turnamen Sepak Bola U-12 Piala Pangdam V Brawijaya Menuai Pujian
Kasdam V Brawijaya Brigjen M Bambang Ismawan Didampingi Saiful Ilah Dan Novan Eka. (BM/HARUN)
By: harun
5 Jan 2020 17:06
 
 

SURABAYA (BM) - Turnamen sepak bola U-12 Piala Pangdam V Brawijaya, 2-5 Januari ditutup dengan upacara penutupan mirip kompetisi profesional Liga 1 Indonesia di Stadion Brawijaya, Minggu (5/1/2020) sore. Kadal Mesir (KM) FC Jombang keluar sebagai juara setelah di final menang 3-0 atas Suryanaga.

Kompetisi yang diikuti oleh 64 peserta se Jawa Timur ini pada babak penyisihan berlangsung di lapangan Yonarhanud 8/MBC Gedangan, Sidoarjo, sedangkan fase delapan besar bergeser di Stadion Brawijaya, Surabaya.

Selain piala tetap dan piagam, peserta kejuaraan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kodam V/ Brawijaya 2019 sekaligus launching SSB PSAD Brawijaya, juga dimanjakan total hadiah pembinaan Rp 16 juta dan Piala Bergilir Pangdam V Brawijaya.

Prosesi jalannya kompetisi, mulai pembukaan hingga penutupan yang berlangsung megah dan sukses ini pun menuai beragam pujian dari peserta dan insan sepak bola di Jawa Timur.

Menurut Kasdam V Brawijaya Brigjen M Bambang Ismawan mengatakan, kejuaraan sepak bola U-12 ini merupakan ajang pertama, dan bertujuan untuk membantu pembinaan sepak bola di Jawa Timur. 

"Selain itu, kita juga mencari bibit-bibit calon pesepakbola yang akan datang," katanya usai penyerahan hadiah mewakili Pangdam V Brawijaya yang berhalangan hadir.

Ia menambahkan, melalui sepak bola dapat membina karakter generasi muda. "Sepak bola mengajarkan sportivitas, kebersamaan, dan banyak jiwa-jiwa positif yang dapat kita lakukan," timpalnya.

Terutama, lanjut Bambang, yang hadir menyaksikan, banyak insan sepak bola Jawa Timur, seperti Bupati Sidoarjo, Ketua Askot PSSI Surabaya, Ketua KONI Surabaya, tokoh dan mantan pemain binaan PSAD, serta pengurus Persebaya.

"Harapannya, diantara pemain-pemain ini yang punya potensi, dapat dilihat dan di masa depan ditarik ke klub, sehingga akan memiliki masa depan," tukasnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang turut menghadiri upacara penutupan mengungkapkan, kalau Sidoarjo merupakan gudangnya SSB, pembinaan pesepakbola anak. 

"Sidoarjo punya banyak sekali bibit-bibit yang dapat dipakai di masa depan. Mudah-mudahan kader-kader yang kali ini U-12, nantinya dapat dipakai di sepak bola yang lebih tinggi lagi," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Askot PSSI Surabaya Mauritz Bernhard Pangkey memuji, kalau ini kegiatan bagus yang diadakan oleh Kodam V Brawijaya. "Saya harapkan tiap tahun bisa berjalan, dan menjadi kalender tetap di Askot PSSI Surabaya," harapnya.

Sedangkan, Pelatih KMFC Jombang Novan Eka menilai, kalau ini ajang terbaik yang pernah diikutinya. "Ini turnamen yang luar biasa yang pernah saya ikuti di seluruh Indonesia. Semoga di tahun-tahun berikutnya, turnamen serupa digelar Pangdam V Brawijaya," ungkapnya. (han)


Create Account



Log In Your Account