35 Ribu Warga Situbondo Belum Rekam e-KTP
Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Situbondo secara simbolis menyerahkan dokumen pemohon yang selesai dalam waktu dua jam.
By: Wahyu
2 Feb 2017 19:41
 
 
SITUBONDO (BM) – Proses perekaman e-KTP (KTP elektronik) di Kabupaten Situbondo belum tuntas. Hingga saat ini, masih tercatat 35 ribu warga dari 500 ribu jumlah penduduk di daerah itu belum melakukan proses perekaman Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Situbondo, Muhammad Syifa mengatakan, pada Agustus 2016 ada sekitar 45 ribu warga belum memiliki kartu identitas diri atau tidak melakukan perekaman KTP elektronik. Memasuki Januari 2017, jumlah penduduk yang belum melakukan perekaman berkurang menjadi 35 ribu penduduk.
 
Lebih lanjut dijelaskan, guna mempercepat dan penertiban kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) meliputi tiga puluhan ribu warga belum melakukan perekaman, petugas mendatangi warga yang belum terdata ke setiap kecamatan.
 
"Petugas sudah memberikan pelayanan untuk mempercepat proses  perekaman dalam pengurusan KTP itu," katanya seraya menambahkan,  satu kendala yang kerap ditemukan ada warga tidak mau datang untuk mengurus, kendati sudah diberi tahu pentingnya perekaman untuk penerbitan e-KTP .
 
Padahal, kata dia, proses dan persyaratan untuk bisa mendapatkan e-KTP cukup mudah. "Warga cukup membawa foto copi kartu keluarga guna perekaman dalam penerbitan KTP itu," katanya.
 
Peralatan perekaman KTP elektronik tersebar pada 17 kecamatan di Situbondo 50 persen di antaranya ada yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik, ini juga menjadi satu penyebab menggangu proses perekaman. (nt/udi)

Create Account



Log In Your Account