Ini Cara KB-TK Al Muslim Sidoarjo Tangkal Virus Corona
SENAM SABUN: Siswa-siswi KB-TK Al Muslim Diajak Pengisi Sosialisasi Simulasi Cuci Tangan Pakai Sabun Sambil Senam Yang Lagi Viral. (BM/IST)
By: harun
10 Mar 2020 15:27
 
 

SIDOARJO (BM) KB-TK Al Muslim bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga menggelar sosialisasi cara mencegah Virus Corona di KB-TK Al Muslim, Jalan Wadung Asri, Waru, Sidoarjo, Selasa (10/3/2020) pagi. Sosialisasi dilakukan oleh dosen FKM Dominikus Raditya Atmaka dan Shintia Yunita Arini.

Sebanyak 140 siswa dan 21 guru mengikuti jalannya sosialisasi tersebut guna memberikan wawasan dalam menghadapi Virus Corona. Kegiatan dikemas menarik agar siswa-siswi yang rata-rata berusia 2-6 tahun itu bisa mengikuti, menyimak dan memahami penjelasan dengan baik.

Peserta diajak melihat video animasi tentang Virus Corona, mulai gejala dan cara pencegahannya. Dalam tayangan, seseorang yang terinfeksi Virus Corona, biasanya menunjukkan gejala demam dengan suhu tubuh yang tinggi, batuk kering dan tidak berdahak, serta kesulitan bernapas, namun ada juga beberapa orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun, tapi ternyata suspect Virus Corona.

Beberapa cara pencegahan penularan Virus Corona diantaranya, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, makan-makanan sehat dan bergizi yang dimasak hingga matang. Kemudian, olah raga teratur, menjaga jarak dengan orang yang mengalami flu, batuk dan demam. Lalu metutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan tisu atau lengan baju, serta memakai masker bila sakit dan bepergian ke luar rumah/ke tempat umum seperti naik bis, dll.

Dalam kesempatan itu, Shintia dan Domi mengajak siswa menyanyi dan praktik tujuh langkah mencuci tangan dengan nada lagu Naik Delman.

Berikut lirik lagunya, “Gosok telapak tangan, punggung tangannya juga, masukkan sela-sela, dua tangan mengunci, jempol kanan dan kiri, kuncupkan jari-jari, gelang-gelang, bilas dengan air”, disertai senam penguin yang gerakannya diganti gerakan tujuh langkah cuci tangan yang sangat mudah dipahami.

Acara dilanjutkan dengan tutorial memakai masker yang benar. Dan diakhir acara disematkan kembali pesan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

“Tetap waspada dan tidak perlu takut, selalu mohon perlindungan dari Allah SWT. Stay Healthy !!!,” ucap Wakil Kepala KB-TK Al Muslim Triana Dewi kepada para peserta. (run)


Create Account



Log In Your Account