Rabu, UKK Di MPP Probolinggo Buka Layanan Keimigrasian Dan Paspor
Rabu, UKK Di MPP Probolinggo Buka Layanan Keimigrasian Dan Paspor
By: masip
4 Nov 2019 18:01
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang, Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kabupaten Probolinggo telah siap untuk beroperasi.

Kantor UKK yang bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo di Jalan Raya Dringu 901 Probolinggo tersebut kini telah siap menerima dan melayani masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam pelayanan keimigrasian dan pembuatan paspor.

Kesiapan tersebut dilaporkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Novianto Sulastono bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Probolinggo Hadi Prayitno kepada Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE, Senin (4/11) siang di ruang kerja Kantor Bupati Probolinggo.

Novianto Sulastono menyebutkan kesiapan tersebut sudah mencapai 99%, khususnya setelah pihaknya melakukan uji coba penerbitan paspor sebelumnya berjalan dengan baik dan lancar.

“Rencananya Rabu, (6/11/2019), Kantor UKK Kabupaten Probolinggo sudah akan melayani paspor secara bertahap. Artinya, diprioritaskan untuk pelayanan internal masyarakat Kabupaten Probolinggo terlebih dahulu. Jika sudah stabil maka pelayanan tersebut akan terbuka untuk masyarakat luas,” terang Novianto Sulastono.

Lebih lanjut Novianto Sulastono mengemukakan bahwa Unit Kerja Keimigrasian merupakan cikal bakal Kantor Imigrasi Kelas III. Dimana layanan yang diberikan sama dengan layanan kantor keimigrasian yang sudah ada.

“Artinya pelayanan tidak hanya terbatas bagi Warga Negara Indonesia (WNI) saja, namun juga bisa kita berikan kepada Warga Negara Asing (WNA). Misalnya perpanjangan ijin tinggal, kemudian kami juga memiliki Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Dakim) terkait pengawasan dan penindakan keimigrasian pada UKK tersebut,” tandasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menambahkan bahwa kondisi kantor UKK, persiapan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk operasi juga telah memadai. Selanjutnya kabar gembira terkait pelayanan keimigrasian dan pembuatan paspor ini juga seharusnya segera diketahui secara luas oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Grand launching akan dilaksanakan akhir Nopember oleh Bapak Dirjen Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM RI. Namun kantor UKK sudah bisa beroperasi sejak hari Rabu besok. Mari kita manfaatkan layanan ini sebaik-baiknya untuk kemudahan kita bersama,” ajaknya.  (sip)


Create Account



Log In Your Account