Pemkab Probolinggo Dan Puluhan Warga Membatik Bersama Di Alun-alun Kraksaan
Hari Batik Nasional Puluhan Warga Membatik Bersama Di Alun-alun Kraksaan. (BM/Saifullah)
By: syaiful_bm_prob
2 Okt 2019 12:31
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Peringati Hari Batik Nasional 2 Oktober, puluhan warga dan Pegawai Pemkab di Kabupaten Probolinggo membatik bersama dengan kain sepanjang 10 meter.

Membatik bersama yang di hadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo tersebut digelar di alun-alun Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Rabu (2/10) siang.

Mereka membatik bersama dengan motif Khas Batik Kabupaten Probolinggo, seperti motv irisan bawang, Bromo dan lainnya. Selain itu Perayaan membatik bersama itu  digagas oleh Diskominfo Pemkab Probolinggo.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan, ada 18 pembatik yang terdaftar dalam Asosiasi Pengrajin Batik, Bordir dan Assesoris (APBBA) Kabupaten Probolinggo 2019.

"Dalam membatik bersama ini, tidak hanya diikuti oleh kalangan OPD Pemakab Probolinggo saja, tetapi juga diikuti oleh para Difabel dan anak usia dini,"jelasnya.

Selain itu, sejumlah batik milik pengrajin batik juga juga di bagikan pada pengendara dan pengungjung alun-alun Kota Kraksaan.

“kemasan yang dibagikan merupakan batik tulis yang dihasilkan oleh pengrajin batik se-Kabupaten Probolinggo, dan hasil dari karya difabel yang punya keterampilan membatik,” kata Yulius.

Batik produk Kabupaten Probolinggo kata Yulius, sudah berhasil dipasarkan ke luar daearah, salah satunya ke Jakarta dan daerah lainnya di Pulau Jawa di Indonesia. Di hari batik nasioanal 2019 ini lanjutnya, memang dikemas pemabagian batik tulis di pinggir jalan dan melukis bersama, agar kegiatan setiap 2 Oktober ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. (sip)

 


Create Account



Log In Your Account