Hujan Perdana Guyur Probolinggo, BPBD Himbau Bahaya Petir
Hujan Perdana Guyur Probolinggo, BPBD Himbau Bahaya Petir
By: masip
1 Nov 2019 13:44
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Hujan perdana mengguyur sejumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jumat siang (01/11).

Hujan deras berdurasi antara 20 sampai 30 menit, terpantau turun di Kecamatan Gading, Sumber, Kuripan, Maron dan Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Wawan seorang warga di Kecamatan Sumber menyebutkan, hujan kali ini tidak ada mendung pekat sejak pagi. Namun hujan tiba-tiba turun dengan deras sebelum shalat jumat.

"Pagi-pagi ga ada mendung, tiba-tiba hujan deras pas saya mau shalat jumat," ucapnya.

Ia menyebutkan hujan perdana ini pun menjadi berkah bagi warga Kecamatan Kuripan dan sejumlah kawasan lain, yang terdampak krisis air bersih karena kekeringan. "Alhamdulillah mas, kami ga kerepotan lagi cari air kalau hujan turun," tambahnya.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Probolinggo, intensitas hujan ringan hingga deras terpantau satelit cuaca BMKG, terjadi di kawasan dataran tinggi. Saat terjadi pergantian musim kemarau ke musim penghujan, masyarakat diminta BPBD mewaspadai terjadinya potensi bencana seperti petir dan angin kencang.

"Karena hujan sudah turun, bahaya petir dan angin kencang harus diwaspadai. Pohon-pohon tinggi dan keropos segera ditebang karena berpotensi roboh," kata  Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi.  (sip)


Create Account



Log In Your Account