Bupati Tantri Dan Warga Ramai-Ramai Sunggi Susu Di Lereng Argopuro
Bupati Tantri Dan Warga Ramai-Ramai Sunggi Susu Di Lereng Argopuro
By: masip
16 Nov 2019 15:24
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Ratusan warga dilereng Gunung Argopuro termasuk Bupati Probolinggo Puput Tantrian Sunggi Susu di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Sunggi susu sejauh 1 kilometer dengan beban seberat 25 Liter itu, untuk mengembangkan perekonomian warga di dataran tinggi. Sebab, warga Krucil merupakan petani perah susu.

Mereka berjalan dari selatan bumi perkemahan hingga melewati persawahan sayur kol (Gubis) dan panorama hutan kecil di bawah lereng Gunung Argopuro.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian mengatakan, Sunggi Susu tersebut untuk menggali potensi lokal di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, yang dikenal penghasil susu.

"Agar wisatawan yang berkunjung di Kecamatan Krucil, tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja. Tapi juga menikmati kesegaran susunya,"jelas Yulius Sabtu (16/11).

Sementara itu Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengatakan, Sunggi susu bagi warga di Lereng Gunung Argopuro, sudah menjadi kebiasaan setiap harinya.

"Warga di Desa Bremi ini sudah biasa menyunggi susu, setiap pagi dan sore hari. Dia berjalan sambil menyunggi susu dari rumahnya menuju KUD Argopuro,"ungkapnya.

Istri Pimpinan Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin ini juga menjelaskan, acara Sunggi Susu yang yang di kemas dengan Festival tersebut agar mampu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing.

"Ya sehingga nantinya, kalau sudah menjadi daya tarik wisatawan tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyakarat. Yang jelas, para warga ekonominya bakal meningkat,"pungkasnya. (sip)


Create Account



Log In Your Account