BPBD Probolinggo Gelar Bimtek Table Top Exercises Penanggulangan Bencana B3
BPBD Probolinggo Gelar Bimtek Table Top Exercises Penanggulangan Bencana B3
By: syaiful_bm_prob
16 Sept 2019 13:33
 
 

PROBOLINGGO (BM) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) table top exercises tentang penanggulangan bencana Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Senin (16/9/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa staf BPBD, seluruh Personil TRC serta Pusdalops PB ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi didampingi Sekretaris, Kabid Kedaruratan dan Logistik serta Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan ini mereka mendapatkan materi dari Edi Susanto, Instruktur Pengelolahan Limbah B3 dari PT. POMI Paiton. Materi yang diberikan diantaranya definisi bahan kimia berbahaya, tingkatan level pengetahuan team penanggulangan tumpahan bahan kimia berbahaya, potensi bahaya, mengenal dan mengidentifikasi bahan kimia berbahaya, alat pelindung diri dan terkait komunikasi, keselamatan dan pengontrolan ketika terdapat kondisi darurat dampak pengelolaan limbah B3.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan sebagai wilayah yang memiliki sekitar 18 unit usaha yang memiliki izin mengelola Limbah B3 yang terdiri dari perusahaan, pabrik dan rumah sakit. Hal ini sesuai dengan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo.

“Tidak sedikit kecelakaan kerja maupun kejadian kecelakaan kendaraan yang menyangkut B3 di wilayah Kabupaten Probolinggo mejadi latar belakang pelaksanaan kegiatan ini. Pengetahuan seputar Limbah B3 serta memahami peran ketika terjadi situasi darurat dampak Limbah B3 sangat penting diketahui bagi personil yang bertugas khususnya di BPBD Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Melalui kegiatan ini Anggit mengharapkan BPBD dapat melaksanakan fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam melaksanakan penanganan penanggulangan kedaruratan pengelolaan limbah B3 terutama di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka yang nanti akan dilanjutkan kembali dengan materi di lapangan dan gladi lapang atau simulasi yang rencana akan dilaksanakan bersama pihak-pihak yang berwenang baik OPD maupun dunia usaha di Kabupaten Probolinggo. Selain itu melalui kegiatan ini kedepan dapat menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Kontinjensi Bencana Limbah B3 melalui Bidang Pencegahan dan Kesiasiagaan,” pungkasnya. (sip)


Create Account



Log In Your Account