Antisipasi Lahar Dingin Bromo Kali Pesisir Sumberasih Di Bersihkan
Ratusan Warga Bersama TNI Polri Bersihkan Kali Pesisir Sumberasih Di Bersihkan
By: syaiful_bm_prob
4 Okt 2019 13:03
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Antisipasi lahar dingin Bromo dan menjelang musim penghujan, sejumlah masyakarat di Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo membersihkan aliran Kali Pesisir dari tumpukan sampah, Jum'at (4/10) pagi. Kegiatan itu untuk mengantisipasi banjir di daerah setempat.

Kerja bakti membersihkan sungai tersebut dilakukan tepat di dekat Jembatan Muneng diatas Kali Pesisir yang berada di Desa Muneng Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

Tercatat ada puluhan orang yang diterjunkan ke aliran sungai Pesisir, termasuk dari jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0820 Probolinggo, Jajaran Polres Probolinggo Kota, DLH , Dinas PUPR, serta pemerintah kecamatan. Mereka diterjunkan untuk mengambil sampah yang berada di aliran sungai, termasuk di setiap kolong jembatan Muneng.

"Karena konstruksi jembatannya merupakan model lama yang masih ada penyangganya, sehingga sangat berpotensi sampah menumpuk di bawah jembatan dan berpotensi menghambat aliran sungai manakala musim penghujan tiba tentu bisa mengakibatkan banjir," kata Camat Sumberasih Rachmad Hidayanto.

Menurut dia, aksi bersih-bersih sungai pada saat sekarang memang dibutuhkan karena curah hujan belum tinggi. Sehingga debit air sungai masih sedikit dan penumpukan sampah tidak sedap dipandang.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan salah satunya dialiran sungai.  "karena pasti akan merugikan masyarakat yang terdampak disepanjang aliran sungai tersebut,"katanya.

Dengan adanya kerja bakti tersebut, dia berharap, air yang mengalir nantinya lebih lancar dan tidak terjadi lahar dingin ataupun penyumbatan aliran sungai di musim penghujan.

"Kami berharap, warga bisa mengambil hikmah digiat bersih sungai ini. Bahwa penanganan sampah bukan hanya bagian tugas pemerintah tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh  masyarakat setidakknya dengan tidak membuang sampah sembarangan,"pungkasnya. (sip)


Create Account



Log In Your Account