Bus Akas Terbakar di Gerbang Tol Sidoarjo
Asap api membubung tinggi, saat bus Akas terbakar di Gerbang Tol Sidoarjo.
By: admin
21 Jul 2019 18:42
 
 

SIDOARJO (BM)† - Bus Akas Nopol N 7046 US jurusan Surabaya-Jember terbakar di depan exit tol jalur Sidoarjo ke arah Porong. Dugaan awal kebakaran yang menghabiskan seluruh bodi bus ini karena adanya korsleting pendingin (AC), Minggu (21/7/2019).

Bus ini diketahui dikemudikan Suprapto Raharjo (64) warga Jalan Serma Abd Rahman 10 RT 02 RW 01 Kec. Mayangan Kab. Probolinggo

Saat api mulai menyala, sopir, kru bus serta 11 penumpangnya berhasil keluar menyelamatkan diri. Kebakaran diketahui sopir saat melihat asap keluar dari pendingin bus.

"Saat itu asap keluar dari pendingin,bus saya pinggirkan dan semua penumpang saya suruh untuk segera turun, "usap Suprapto.

Petugas PJR yang datang bersama dengan dua unit mobil Damkar langsung melakukan pemadaman.Untuk menghindari penumpukan kendaraan , lajurkanan dibuka dan lajur kiri ditutup total.

Ipda Nanang Hendra Irawan Panit PJR Tol Waru mengatakan, penyebab kebakaran bus ini diduga berasal dari korsleting AC dalam bus.

"Indikasi awal sudah diketahui kru bus setelah exit tol Sidoarjo 2 ini. Jadi kru langsung menurunkan seluruh penumpang dan alhamdulillah semua selamat," kata Nanang.

Api sudah berhasil dipadamkan oleh dua mobil Damkar BNPB dan bangkai bus dalam proses penderekan ke poll derek Satelit. ďApisudah berhasil dipadamkan oleh 2 unit Mobil Damkar dan tidak ada korban dari kejadian ini,"ungkap Nanang.

"Tadi memang gerbang Sidoarjo 2 sempat ditutup untuk penanganan pemadaman api tapi sekarang sudah dibuka kembali. Tapi prioritas kita pola-pola agar tidak macet yang ke arah Porong atau Kejapanan imbas penutupan tadi," ujarnya.

Kata Nanang, 90 persen body bus sudah hangus terbakar dan empat kru bus sudah dimintai keterangan terkait kebakaran bus. Dalam peristiwa kebakaran bus tadi tidak ada ledakan, hanya suara letusan ban yang terbakar sehingga tidak sampai merembet ke mana-mana.

"Untuk 11 penumpang masih di lokasi dan akan dicarikan bus pengganti, ini masih koordinasi dengan sopir. Posisi bangkai bus ada di lajur kiri atau lajur aman," pungkasnya. (cls/ssn/tit)


Create Account



Log In Your Account