Tidak Punya Televisi, Penjual Ronde Ini Tidak Panik Virus Corona
RONDE: Nardi Suwito (69) Saat Melayani Pembeli Minuman Tradisional Ronde Di Komplek Kraton Surakarta, Rabu (4/3/2020) Sore. (BM/HARUN)
By: harun
4 Mar 2020 18:09
 
 

SOLO (BM) - Penjual minuman tradisional Ronde bernama Nardi Suwito (69) barangkali bisa menjadi contoh dalam menghadapi kepanikan akibat gencarnya pemberitaan Virus Corona. Pria lanjut usia itu mengaku tidak menonton televisi saat ditemui berjualan di komplek Kraton Surakarta, Rabu (4/3/2020) sore.

Tentu saja, pengakuan pria asal Sukoharjo, Jawa Tengah tersebut bertolak belakang dengan kepanikan yang dialami oleh masyarakat dunia saat ini. Apalagi, Presiden Joko Widodo baru-baru ini telah mengumumkan adanya dua WNI asal Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi virus yang juga disebut Covid-19. Sehingga warga berlomba-lomba memborong kebutuhan rumah tangga karena takut keluar rumah.

“Saya tidak tahu informasi Virus Corona karena di rumah kontrakan saya tidak ada televisi,” ujar bapak satu putra dua putri yang dikaruniai enam orang cucu ini.

Bahkan, Ronde yang ia jual itu mengandung bahan dasar sari jahe yang dapat membuat badan hangat dan sehat, dirinya mengaku juga tidak tahu kalau bisa mengurangi resiko penularan virus mematikan tersebut.

“Sudah sekitar 25 tahun saya berjualan di sini, tidak pernah melihat televisi karena tidak punya televisi,” tegas lelaki yang mengaku tiap dua minggu sekali pulang ke kampung halamannya yang berjarak 50 km dengan waktu tempuh 2 jam naik bus dari Kota Solo.

Sehari-hari berjualan mulai pukul 14.00 hingga 23.00 waktu setempat, ia mengaku penghasilannya hanya cukup buat keperluan hidup. “Sehari-hari omzet Rp150 ribu, untungnya bisa Rp25 ribu atau balik modal saja. Kalau ramai waktu hari libur atau perayaan hari besar,” pungkasnya. (run)


Create Account



Log In Your Account