Lima Kuda Putih Percantik Alun-alun Mojokerto
By: Wahyu
19 Des 2016 19:38
 
 
Mojokerto(BM)-Saat ini di alun-alun Kota Mojokerto terlihat adanya 5 kuda putih yang sedang berlari dan melompat diatas tebing, ini sebagai gambaran semangat kerja. Alun-alun Kota yang saat ini dipercantik dengan adanya monumen patung kuda. Dia adalah Nugroho, seniman asal Suratan, Kota Mojokerto, sekaligus pembuat patung kuda, mengatakan, proses pembuatannya memakan waktu sekitar dua bulan. Sebagian besar dikerjakan di workshopnya di Bali dan finishing di Mojokerto. 
 
“Kalau nama dari monumen ini terserah pengguna ya, mau dinamai apa. Sesuai filosofi yang ada, sempat saya sampaikan nama ’Mojokerto Krido’. Krido itu artinya melakukan kegiatan atau bekerja dengan semangat yang total (maksimal). Pertimbangan kenapa patung ini ditempatkan di alun-alun, karena alun-alun tempat berkumpulnya orang”, kata Putut sebutan dari Nugroho, saat ditemui di alun-alun. 
 
Lebih lanjut Nugroho mengtakan, monumen patung kuda ini terbuat dari fiberglass. Perawatannya sangat mudah, karena cukup dilap saja. 
 
”Selain perawatan yang cukup mudah, bahan dasar patung itu sangat ringan. Sehingga bila dipindah, Patung Kuda, ini tidak mudah rusak”, ujarnya. Nugroho mengaku, produknya sudah dipakai di beberapa negara dan patung kuda dari fiberglass ini mampu bertahan sampai 200 tahun.
 
”Harapan saya wajah Kota Mojokerto bisa lebih cantik dan bisa memberikan suasana menghibur bagi masyarakat. Termasuk memberikan spirit”, pungkasnya. Sementara, Amin Wachid - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Mojokerto mengatakan, target monumen kuda ini selesai akhir tahun. Namun akan dipercepat dalam minggu ini sudah selesai dan bisa dinikmati masyarakat. 
 
”Mengenai penamaan monumen ini, masih menunggu penamaan dari Walikota - Mas'ud Yunus. Agar mudah dikenal masyarakat dan mempunyai arti dan filosofi yang mendorong semangat kerja,”ujarnya.(moj/dra)

Create Account



Log In Your Account