Lulusan Polinema Diminati Berbagai Institusi
Wadir IV Bidang Kerja Sama, Drs Awan Setiawan MMT, Direktur Polinema, Dr Ir Tundung Subali Patma MT
By: Wahyu
3 Apr 2017 19:42
 
 
MALANG (BM) - Lulusan Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi incaran hampir semua lembaga yang ada di Indonesia. Maklum, mereka memang diminati berbagai institusi karena memiliki kualitas berdaya saing global. Menurut Direktur Polinema, Dr Ir Tundung Subali Patma MT, sekitar 77 persen lulusan Polinema diterima di dunia kerja. ''Selain itu ada yang sudah masuk ikatan dinas, '' jelasnya saat didampingi Wadir IV Bidang Kerja Sama, Drs Awan Setiawan MMT, MM dan Humas Polinema Joko Santoso, Senin (3/4/2017).
Dijelaskan bahwa jumlah mahasiswa Polinema di Jl Soekarno - Hatta Kota Malang ini ada sekitar 9.122 mahasiswa.. Mereka tersebar di beberapa jurusan yang dibuka di Polinema.
Menurut dia, perkembangan Polinema sangat luar biasa. Sebab perguruan tinggi yang berdiri tahun 1982 itu kini menjadi kampus yang sangat diperhitungkan di Indonesia.Bahkan di luar negeri.
Sebagai bukti dia menunjukkan beberapa lembaga atau institusi baik nasional maupun internasional yang melakukan kerja sama dengan Polinema.. Ada 56 lembaga yang menjalin kerja sama dengan Polinema. Diantara lembaga tersebut disebutkan seperti Newmoon, Freeport dan lain sebagainya. Bahkan yang termutakhir menjalin kerja sama dengan PT PLN, PT Indonesia Power dan PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia.
Dijelaskan Tundung bahwa kerja sama dengan PT PLN sifatnya ikatan dinas. "Itu sudah kami lakukan sejak tahun 2010," katanya. Menurut dia, Polinema membuka kelas kerja sama dengan PLN untuk jurusan teknik listrik dan teknik mesin. Jumlah mahasiswa dibatasi hanya 100 orang.
Mereka jika sudah lulus langsung bekerja di PLN. Mereka ditempatkan di seluruh Indonesia.. "Kerja sama itu sesuai peraturan dan ketentuan Dirjen Dikti," paparnya.
Sedangkan kerja sama dengan GMF AeroAsia khusus di bidang perawatan dan perbaikan pesawat. Maka, kata dia, Polinema membuka kelas industri dengan ikatan dinas yang bidang keahliannya adalah airframe power plant. Mereka dibawah naungan prodi D3 teknik mesin.
Sementara kerja sama dengan PT Indonesia Power dibuka baru tahun ini. Menurut dia, kerja sama itu terkait dengan perekrutan tenaga kerja di PT Indonesia Power.
"Mahasiswa yang sudah lulus atau duduk di semester enam sudah bisa langsung direkrut perusahaan tersebut. Itu sungguh luar biasa," katanya.
Pada program tersebut menurut Tundung akan dibuka tiga kelas tahun ini. Diantaranya untuk program studi listrik, mesin dan elektronika. Menurut dia sesuai kontrak, lulusan Polinema setiap tahun minimal 100 orang direkrut.. Setiap tahun perusahaan tersebut merekrut 1000 tenaga kerja.
Makanya Tundung optimistis Polinema akan terus berkembang dan semakin maju. Untuk itu pada diesnatalisnya tahun ini mengambil tema Sinergi Dalam Berkarya Menuju Polinema Berdaya Saing Global. Karena itu dia berharap kedepan Polinema semakin unggul. Terutama dalam mencetak lulusan yang cerdas, beretika, berjiwa sosial enterpeeneurship, serta kompetitif.(M.Cholil).

Create Account



Log In Your Account