Ini Usulan Gus Haris Kepada Presiden Joko Widodo Jika Indonesia Lockdown
DARURAT COVID-19: Deklarator PENA 98 Haris Budi Kuncahyo Menyampaikan Lima Usulan Kepada Presiden RI Joko Widodo Jika Indonesia Lockdown. (BM/IST)
By: harun
30 Mar 2020 10:38
 
 

MALANG (BM) - Menanggapi pertanyaan sebuah artikel tulisan Sigar Aji Poerana di sebuah media daring www.hukumonline.com dengan tajuk Bagaimana jika Nanti Indonesia Harus Lockdown seperti Italia?, Deklarator PENA 98 Haris Budi Kuncahyo menyampaikan beberapa poin terkait persoalan karantina kesehatan wilayah.

Hal itu menyangkut pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 yang telah mengakibatkan dampak vertikal dan horizontal dalam perspektif sosial politik dan sosial budaya bagi persatuan dan kesatuan sesama warga bangsa, serta keutuhan wilayah Indonesia.

Menurut Gus Haris, sapaan lekatnya, mempertimbangkan dampak sosial ekonomi rakyat secara umum, meluas dan masif, maka Presiden RI Joko Widodo dan wakil presiden beserta jajarannya, juga para wakil rakyat, agar segera mengambil langkah strategis dan taktis.

Masih Gus Haris, selanjutnya ia merinci lima usulan langkah-langkah yang dapat diambil oleh pemerintah, diantaranya sebagai berikut.

Pertama, segera lakukan karantina kesehatan wilayah per area sesuai kebutuhan di lapangan, karena masing-masing daerah memiliki topografi, geografi dan demografi yang berbeda-beda.

Kedua, segera distribusikan kebutuhan pangan dan kesehatan rakyat setempat, yang terkena karantina kesehatan wilayah.

Ketiga, hentikan warga asing dan warga Indonesia yang dari luar negeri menuju dalam negeri, kecuali urusan tertentu yang darurat dan tugas negara.

Keempat, semua kepala daerah dan wakilnya, juga wakil rakyat di DPR RI, DPD RI, DPRD untuk turun dan observasi serta membuat resume maupun proposisi pemantauan di lapangan secara langsung, agar keluhan dan kebutuhan pangan serta kesehatan warga tidak terlantar, terlebih kawasan miskin perkotaan, pedesaan, pulau tertinggal, terluar dan terdalam di seluruh Indonesia.

Kelima, kepada pemerintah Republik Indonesia, supaya memperhatikan keterlibatan semua wartawan resmi, baik cetak, elektronik, audiovisual maupun online untuk diajak kerja sama aktif dan diberikan kemudahan dalam menjalankan aktivitas yang saling mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam rangka penanggulangan Covid-19 ini, serta melaporkan terhadap semua kebutuhan pangan dan kesehatan warga setelah dilakukan karantina kesehatan wilayah.

“Demikian usulan saya sebagai warga biasa, semoga menjadi semangat kebaikan untuk meraih kemaslahatan sesama warga bangsa dan demi kesejahteraan dan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tukas warga Tlogowaru, Kedungkandang, Malang ini melalui pers rilis, Senin (30/3/2020) pagi. (run)


Create Account



Log In Your Account