Proses Pengelolahan Kambing Yang Dilakukan Lalilaki
By: komari
7 Okt 2019 14:42
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN(BM) - Warga Desa Lukrejo atau Ngeluk , Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan memiliki tradisi menggelar Sedekah Bumi setelah panen raya di desa tersebut.

Warga berkumpul dengan  membawa makanan tradisional, kemudian diantara juga menggelas udik-udikan, yaitu menebar uang logam ke udara kemudian menjadi rebut ana-anak yang berada di lokasi Sedekah Bumi.

Menurut Kepala Dusun (Kasun) Lukrejo Tadjab Hadi, Selain itu juga terdapat   penyembelihan kambing serta pagelaran kesenian reog.

"Tradisi sedekah bumi tersebut diperingati setiap tahun bertepatan pada bulan Oktober dengan tujuan sebagai wujud syukur warga desa atas limpahan panen. Selain itu juga memperingati meninggalnya Mbah Lukman Hakim yang diyakini warga setempat sebagai sesepuh Desa Lukrejo" kata Tadjab Hadi, Senin (07/10).

Tadjab Hadi menyampaikan, bahwa sedekah bumi untuk tahun ini yang tercatat di panitia, kambing yang diserahkan warga desa maupun luar desa untuk disembelih mencapai 196 ekor. 

“Rabu kemarin sudah dimulai rangkaian acaranya dengan penyembelihan kambing dan malamnya ada pengajian. Dan pagi ini dilanjutkan dengan penyebelian kambing dan diteruskan ‘udik-udikan’ dan pagelan kesenian reog,” ungkap pria yang juga sebagai salah satu panitia acara tersebut.

Menurutnya dalam pelaksanaan sedekah bumi tersebut yang paling dan unik adalah saat proses mulai menguliti, memasak hingga membuat bumbu dilakukan oleh kaum pria. 

“ Acara sedekah bumi atau dekahan biasanya tidak hanya didatangi oleh warga sekitaran desa saja. Akan tetapi banyak masyarakat luar yang mengapresiasi acara tersebut serta tidak sedikit mereka juga turut menyumbang Kambing”  terang Tadjab Hadi

Saat penutupan acara sedekah bumi, ratusan warga disuguhi atraksi reog di pendopo area makam Mbah Lukman Hakim (sesepuh Desa Lukrejo) dan tabur uang atau udik-usikan. Meski terkesan menghambur-hamburkan uang, namun warga berkeyakinan bahwa udik-udikan merupakan bagian dari shodaqo, khusunya pada anak-anak. ()


Create Account



Log In Your Account