Sejumlah Tahapan Pilkada Lamongan Ditunda
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali
By: komari
24 Mar 2020 13:51
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Merebaknya virus corona di sejumlah tempat di Indonesia juga berdampat pada sejumlah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan yang akan digelar di Pilkada mendatang. Diantara dampat tersebut adalah ditundanya sejumlah tahapan Pilkada.

“Tahapan Pilkada yang ditunda diantaranya verifkasi Faktual dukungan calon bupati yang berangkat dari jalue perseorangan atau independen, pemutakhiran data pemilih dan pembentukan PPDP” kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, Selasa (24/3) siang.

Menurutnya dasar dari penundaan sejumlah tahapan Pilkada Lamongan tersebut ada;ah Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 17 9 I PL -O2 -Kpt / O L / KPU / ill / 2O2O Tentang Penundaan Tahapan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Buplti, dan/atau waliKota dan wakil waliKota Tahun 2o2o dalam upaya pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Maka tahapan yang bersentuhan dengan masyarakat dilakukan penundaan, terkait ditunda hingga kapan, kita juga akan menunggu petunjuk selanjutnya dari KPU RI” tegas Mahrus, panggilan Mahrus Ali.

Seperti dikethui dalam Pilkada Lamongan 2020, pasangan Ir Suhandoyo dan Drs Mohammad Su’uddin yang resmi mendaftar ke KPU Lamongan dari jalur perseorangan atau independen.

“Kami menyerahkan bukti syarat dukungan ke KPU, dan insyaAllah syarat ini sesuai dengan yang telah ditentukan KPU, untuk maju dalam Pilkada Lamongan 2020,” kata Suhandoyo, pada sejumlah awak media, Kamis (20/2) lalu.

Penyerahan dokumen dalam 5 kotak berukuran besar tersebut, berisi syarat dukungan kurang lebih 92 ribu. Pasangan bakal calon  jalur perseorangan memilih tagline atau jargon Lamongan Kompak.

“Kompak adalah keinginan sebuah kebersamaan antara utara dan selatan, NU dan Muhammadiyah, tidak ada diskriminasi. Kalau bisa kompak, InsyaAllah dalam membangun republik, khususnya Lamongan mudah dilakanakan,” ungkap Suhandoyo.

Saat penyerahan formulir dukungan itu, pasangan independen Ir Suhandoyo dan Drs Mohammad Su’uddin juga  diikuti rombongan pendukunganya.

Sedangkan pendaftaran calon Bupati/wakil Lamongan dari jalur partai politik, baru dinuka pada juni mendatang. Meski demikian sejumlah parpol sudah melakukan penyaringan bakal calon untuk mendapatkan rekomendari dari DPP Parpol yang membuka menjaringan atau pendaftaran tersebut, (kom)


Create Account



Log In Your Account