Puluhan Kades Datangi DPRD Lamongan,Tuntut Peningkatan Kesejahteraan
Pertemuaan Kades-Kades Dengan Ketua DPRD Lamongan, H. Abdul Ghofur Dan Sejumlah Anggota DPRD Lamongan
By: komari
9 Des 2019 16:30
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Puluhan Kepala Desa (Kades) yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lamongan, mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Mereka menuntut dewan perwakilan rakyat tersebut mendorong peningkatan kesejahteraan seluruh Kades se Lamongan.

"Kami menyampaikan 8 tuntutan ke ke dewan, dan tuntutan itu sudah kami sampaikan langsung ke bapak bupati Fadeli, tapi sampai saat ini belum ada realisasi," kata ketua APDESI Kabupaten Lamongan, Zainul Mukid ketua APDESI Kabupaten Lamongan, Senin (9/12). 

Ke 8 tuntutan itu adalah peningkatan Siltap (Penghasilan Tetap), Tunjangan lainnya bukan dari BHP, Sekdes PNS harus ditarik ke Pemda, Ketepatan penyaluran anggaran baik DD, ADD.

“Selain itu Kades juga mengajukan tuntutan peremajaan atau pengadaan baru kendaraan operasional Kepala Desa,  Asuransi jiwa, menolak pengadaan Mobil Sehat yg bersumber dari Dana Desa, Peningkatan Insentif BPD” ungkap Zainul Mukid.

Sementara itu, Ketua DPRD Lamongan,  H. Abdul Ghofur dalam mengungkapkan akan meneruskan apa yang menjadi tuntutan para Kades itu, salah satunya akan memfasilitasi pertemuan antara Kades dan eksekutif untuk mencari solusi yang tepat dengan tuntutan para kades.

"Kami tadi sudah mendengarkan semua tuntutan para Kades, minggu depan kita undang perwakilan para kades dan pihak terkait dalam hal ini pihak eksekutif untuk mencari fomula dan solusi yang tepat, agar apa yang menjadi tuntutan Kades ini bisa direalisasikan," tegas H. Abdul Ghofur.

Pertemuan Kades dengan Ketua DPRD Lamongan itu, tidak ada perwakilan pihak eksekutif. Di sisi lain APBD 2020 Lamongan sudah digedok beberapa bulan yang lalu.

Meski demikian, para Kades tetap berharap pemkab segera merealisasikan 8 tuntutan itu karena dinilai, antara tugas dan beban kades selama dengan yang didapat tidak sebanding. ().


Create Account



Log In Your Account