Program PTSL Adalah Untuk Kepastian Hukum Atas Tanah Warga
Petugas Memberi Penjelasan Terkait Program PTSL Di Desa Bambang Kecamatan Turi Lamongan
By: komari
3 Feb 2020 15:36
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)- Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL ) yang lebih dikenal masyarakat dengan istilah sertifikat massal adalah program pemerintah pusat dalam menjamin kepastian hukum atas tanah warga.

Demikian dikatakan Kepala Desa Bambang Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, Bakri, saat sosialisasi Program PTSL di kantor Balai Desa Bambangbersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamongan.

“PTSL atau sertifikat missal juga bertujuan untuk menghindari terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan. Ketidakpastian hukum atas lahan yang ada menjadi dasar pengajuan program PTSL. Maka dari itu mari kita sambut dengan gembira adanya program ini” terang Bakri di hadapan warga Desa Bambang.

Sosialisasi PTSL tersebut juga  dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Turi, diantaranya Camat Turi yang di Wakili Sekcam Agus, Polsek ,Danramil, perwakilan dari Kejaksaan, perwakilan dari Polres Lamongan, Ketua pokmas  PTSL dan anggota.

“Marilah progam pemerintah ini kita sukseskan bersama, karena progam PTSL merupakan progam pemerintah dan sangat mudah, cepat dan sangat murah, namun prosedurnya tetap melalui aturan yang ada” kata Sekcam Turi, Agus Dwinawanto.

Sementara itu, pihak BPN Lamongan menyebutkan selama ini program PTSL  berjalan dengan baik dan sesuai prosedur, sehingga program ini harus didukung dan disukseskan oleh semua pihak. 

“Sertifikat tanah merupakan hal penting. Sertifikat tanah yang dikeluarkan mempunyai kekuatan hukum yang kuat. Maka dari itu, masyarakat yang desanya mendapat program PTSL agar memanfaatkannya dengan baik”  jelas Sugeng, Perwakilan BPN Lamongan.

Menurutnya, sertifikat penting untuk kepastian hak tahan  yang dipunyai warga ,juga punya kekuatan hukum. “Maka masyarakat harus ikut menyukseskan program PTSL ini ” pungkasnya. (kom)

 


Create Account



Log In Your Account