Pilkada 2020 Diperkirakan Diikuti Jalur Perseorangan Lebih Dari Satu Pasangan Calon
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Makrus Ali
By: komari
4 Feb 2020 15:27
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Lamongan diperkirakan juga diramaikan calon dari jalur perseorangan. 

Menurut Ketua  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Makrus Ali, hingga kini sudah ada tiga pasangan calon yang muncul dipermukaan.

“Diantaranya yang konsultasi  untuk calon dari jalur perseorangan ada 3 calon. Sedangkan yang mengirim mandat operator silo sudah 2 pasangan calon, yaitu pasangan Yasin-Tarpin dan pasangan Suhandoyo-Muhammad Suudin” kata Makrus Ali, Selasa (4/2) siang.

Ali, panggilan Makrus Ali, juga menjelaskan penyerahan dukungan jalur perseorangan pada tertengahan Bulan Februari 2020 sudah menyerahkan persyaratan dukungannya ke KPU Lamongan.

“Penyerahan berkas dukungan calon dari jalurperseorangan pada tanggal 19 Februari hingga 23 Februari 2020”  ungkap Ali. Dan pada hari pertama hingga hari ke empat,  penyerahan berkas dukungan itu laksanakan  di Kantor KPU Lamongan pada jam 08.00 hingga jam 18.00. Sedangkan pada hari ke-lima dibuka hingga jam 24.00.

“Dokumen yang harus diserahkan oleh bakal calon dari jalurperseorangan diantaranya  surat pernyataan  dukungan masing-masing pendukung yang ditempeli foto kopi KTP Elektronik pendukung atau surat terketerangan”  terang Mahrus.

Selain, lanjut Mahrus, adalah bakal calon perseorangan harus membawa surat mandate/ tugas yang diserahkan ke KPU untuk mendapat username dan password SILON.

“Surat mandat atau surat tugas harus memuat informasi  terkait nama bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati beserta gelarnya, nomer induk kependudukan masing-masing bakal calon” ungkap Mahrus.

Hal itu, terang  Mahrus, panggilan Ali Mahrus, sesuai dengan  Surat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor 2218/PL.02.2-SD/06/KPU/XII/2019 tanggal 2 Desember 2019 tentang Pengumuman Penyerahan Dokumen Dukungan Bakal Pasangan Calon perseorangan.

Di sisi lain dalam menghadapi Pilkada 2020, sejumlah partai politik terus melakukan komunikasi, bahkan PKB Lamongan, PDIP dan Gerindra sudah melakukan konsolidasi bersama. (kom)


Create Account



Log In Your Account