Perkara Dugaan Korupsi Dana Hibah Di KPU Lamongan Dilimpahkan Ke Pengadilan Tipikor
Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lamongan, Rustamaji Yudha AN
By: komari
27 Feb 2020 14:06
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Berkas perkara dugaan korupsi dana hibah Pilkada 2015 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk digelar persidangan. Dalam Persidangan tersebut bisa jadi muncul tersangka lain.

“Dalam fakta persidangan nanti bisa jadi berkembang. Ini semua tergantung fakta-fakta dan keterangan terdakwa serta keterangan saksi-saksi dalam persidangan” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lamongan, Rustamaji Yudha AN, Kamis (27/2) siang.

Menurut Rustamaji, panggilan Rustamaji Yudha AN, pelimpahan berkas berkara dugaan korupsi tersebut dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Lamongan pada Rabu (26/) kemarin.

“Saat kila limpahkan kemarin, jumlah tersangka satu, yaitu Bendahara KPU Lamongan berinisial IR.  Dan dari perkara ini, kerugian negara mencapai Rp 1, 2 milyar” ungkap Rustamji.

Saat ini, lanjutnya, pihak Kejaksaan Negeri Lamongan menunggu jadwal persidangan dari Pengadilan Tipikor. Dan hal untuk menghadapi itu, sudah disiapkan tim JPU.

“Kini kita menunggu kapan persidangan digelar, tentunya menunggu jadwal dari Pengadilan Tipikor. Intinya kita sudah siap untuk digelar persidangan” tambah Rustamaji.

Di sisi lain, secara terpisah, kuasa hukum IR, Ahmad Umar Buwang, menegaskan pihaknya akan melakukan pembelaan terhadap tersangka dengan maksimal di persidangan yang akan digelar di Pengadilan Tipikor  Surabaya tersebut.

“Kita sebagai kuasa hukum, terus mempelajari berkas-berkas yang kita miliki untuk melakukan pembelaan terhadap tersangka di persidangan”tegas Ahmad Umar Buwang.

Seperti diketahui secara keseluruhan dana hibah  untuk (Pilkada) Lamongan Tahun 2015 tersebut berkisar Rp 34,3 milyar. Namun di dalam pelaksanaanya, tersangka IR diduga menyelewengkan anggaran tersebut  sebanyakRp 1, 2 milyar. ()


Create Account



Log In Your Account