KPU Lamongan Bertekat Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilih Di Pilkada 2020 Mendatang
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali (Baju Batik) Saat Bersama Ketua KPU Pusat, Arif Budiman.
By: komari
21 Nov 2019 16:25
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan akan mengandeng seluruh komunitas di Lamongan untuk melakukan sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2020 mendatang. Hal ini dilakukan agar angka partisipasi pemilih semakin maksimal.

“Kita bertekad meningkatkan partisipasi pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menunaikan hak konstitusinya memilih pemimpin Lamongan lima tahun ke depan di Pilkada 2020 mendatang” kata Ketua KPU Lamongan, Ali Mahrus, Kamis (21/11) sore.

Dan untuk itu, lanjutnya, melalui sosialisasi di Devisi Parmas Sosdiklih, KPU Lamongan akan menyapa berbagai komunitas  di Lamongan dengan menyelenggarakan event.

“Selain itu kita juga akan memanfaatkan media, baik yang dimiliki KPU maupun media massa serta media sosial untuk sosialisasi agar benar-benar maksimal angka kehadiran pemilih ke TPS” tegas Ali Mahrus.

Menurutnya, dalam Pilres kemarin, anggka partisipasi pemilih mencapai 78, 58 %, yaitu sebanyak 830.219 pemilih. “DPT di Lamongan saat Pilpres kemarin sebanyak 1.056.505” paparnya.

Tahapan Pilkada Lamongan 2020 yang sudah dilakukan KPU Lamongan diantaranya penetapan syarat dukungan perseorangan pada 26 Oktober kemarin.

“Sedangkan pengumuman pendaftaran calon perseorangan akan dilakukan pada 25 November. Dan pembukaan pendataftann dilakukan pada 11 Desember” ungkap Ali Mahrus yang juga menjelaskan hal tersebut sesuai dengan PKPU 10 Tahun 2017.

Di sisi lain  menghadapi Pilkada 2020 tersebut, sejumlah partai politik telah membuka penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, diantaranya DPC PDIP, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra Lamongan.

Nama-nama yang mendaftar sebagai bacabup di sejumlah partai tersebut diantaranya Sekda Yuhronur Efendi, Wakil Bupati Kartika Hidayati, Sholahuddin (Sekpri Wapres KH Ma’ruf Amin), Suhandoyo, Deddi Nordiawan (anak Bupati Fadeli). () 


Create Account



Log In Your Account