Dilarang Lakukan Pergantian Pejabat Sejak Enam Bulan Sebelum Penetapan Pasangan Cabup/Cawabup
Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar
By: komari
5 Feb 2020 15:59
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan menegaskan Bupati dan Wakil Bupatidilarang melakukan pergantian pejabat enam bulan  sebelumtanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan calon terpilih.

“Penetapan pasangan calon sendiri dilakukan pada 8 Juli mendatang, makamulai enam bulan sebelum tanggal tersebut dilarang ada mutasi pejabat” kata Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar, Rabu (5/2) siang.

Jika hal tersebut dilanggar, sanksinya adalah sebagaimana diataur dalam pasal 190 UU nomer 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah, yaitu pidana dan atau denda.

“ Namun demikian, sesuai pasal 71 ayat 2, Undang-undang UU nomer 10 Tahun 2016, pergantian pejabat atau  mutasi boleh dilakukan kalau mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri” terang lanjut Badar, panggilan Miftahul Badar.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan,   saat ini sedang melakukan tahapan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hasilnya akan di tempat di seluruh kecamatan di Lamongan.

Sedangkan pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati dimulai atau dibuka mulai tanggal 16 hingga 18 Juni 2020. Dan untuk calon dari jalur perseorangan, penyerahan berkas dukungan mulai tanggal 18 hingga 23 Februari.

Sebelumnya, diberitakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  2020 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Lamongan diperkirakan juga diramaikan calon dari jalur perseorangan. 

Menurut Ketua  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Makrus Ali, hingga kini sudah ada tiga pasangan calon yang muncul dipermukaan.

“Diantaranya yang konsultasi  untuk calon dari jalur perseorangan ada 3 calon. Sedangkan yang mengirim mandat operator silo sudah 2 pasangan calon, yaitu pasangan Yasin-Tarpindan pasangan Suhandoyo-Muhammad Suudin” kata Makrus Ali, Selasa (4/2) siang kemarin

Ali, panggilan Makrus Ali, juga menjelaskan penyerahan dukungan jalur perseorangan pada tertengahan Bulan Februari 2020 sudah menyerahkan persyaratan dukungannya ke KPU Lamongan.

“Penyerahan berkas dukungan calon dari jalur perseorangan pada tanggal 19 Februari hingga 23 Februari 2020”  ungkap Ali. Dan pada hari pertama hingga hari ke empat,  penyerahan berkas dukungan itu laksanakan  di Kantor KPU Lamongan pada jam 08.00 hingga jam 18.00. Sedangkan pada hari ke-lima dibuka hingga jam 24.00” terang Makrus Ali. 

Semenatara itu dalam menghadapi Pilkada 2020, sejumlah partai politik terus melakukan komunikasi, bahkan PKB Lamongan, PDIP dan Gerindra sudah melakukan konsolidasi bersama. (kom)


Create Account



Log In Your Account