Cegah Gizi Buruk,Pemdes Sukosongo Siapkan Program Makanan Tambahan Untuk Warga
Penyuluhahan Program Atasi Stunting Di Desa Sukosongo Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan
By: komari
25 Nov 2019 14:17
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Upaya untuk mengatasi Gizi buruk atau stunting, Pemerintah Desa Sukosongo Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan menyiapkan program makanan tambahan (PMT) untuk anak berusia di bawah lima tahun.

Kepala Desa Sukosongo, Zaenal Arifin, mengatakan bantuan program makanan tambahan diberikan kepada seluruh dusun melalui posyandu. 

“Bantuan tersebut kita berikan pada warga di  6 dusun  yang ada Desa Sukosongo. Warga rata-rata mendapat bantuan makanan tambahan setiap bulannya” kata . Zaenal Arifin, Senin (25/11).

Menurutnya  untuk tahun 2020 mendatang, sebagai upaya mengatasi stunting dan PMT dianggarkan 30 juta dan dibagi enam dusun, yakni Dusun Karangtengah, Dusun Jati, Dusun Sukolilo, Dusun Kedungkampil, Dusun Songo, dan Dnsun Sukowati.

“Ini belum termasuk insetif Kader dan Guru Paud.  Semua ini sudah kita rapatkan bersama BPD, LPM dan tokoh masyarakat Desa Sukosongo” tegasnya.

Di Kabupaten Lamongan angka stunting semakin menurun. Dari angka 23 persen di tahun 2017, turun drastis di tahun 2018 menjadi14 persen, kemudian hingga Februari 2019 berada di angka 9 persen. Saya yakin di tahun 2020 Lamongan menuju zero stuntin.

“Terima kasih atas upaya kita semua dalam menangani program penurunan angka stunting, terutama Dinas Kesehatan, yang terus berupaya melakukan program percepatan pencegahan stunting,”  ungkap Bupati Lamongan, Fadeli, saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKS) ke-55 tahun 2019 lalu.

Atas kerja keras tersebut, lanjut orang nomer satu di Pemkab Lamongan itu, angka stunting di Lamongan semakin menurun. Dan di Tahun 2020 Lamongan menuju zero stunting.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Fadeli yang didampingi Wabup Kartika Hidayati, Sekkab Yuhronur Efendi, Kepala Dinkes dr Taufik Hidayat dan seluruh jajaran Forkopimda setempat memberikan penghargaan kepada 24 insan kesehatan berprestasi. () 


Create Account



Log In Your Account