Imigrasi Permudah Perpanjangan Paspor
Kepala Kantor Imigrasi kelas III Kediri, Mohammad Tito Andriyanto
By: Wahyu
8 Jun 2017 19:43
 
 
Kediri(BM)-Bagi warga yang ingin memperpanjang paspor. Sekarang Imigrasi telah mempermudah dalam persyaratan memperpanjang paspor, yakni cukup membawa KTP dan buku Paspor lama. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor  Imigrasi kelas III Kediri, Mohammad Tito Andriyanto. Menurutnya untuk pengurusan perpanjangan Paspor di tahun- tahun  sebelumnya cukup ribet. Diantaranya harus bisa menunjukkan KK, Akte Kelahiran, KTP dan paspor lama. 

Namun mulai Juni 2017 ini warga yang ingin memperpanjang Paspor cukup membawa KTP dan paspor lama saja. “ Itu berlaku untuk paspor yang diatas 2009,” jelasnya.
 
Pria yang akrab disapa Tito menambahkan kemudahan ini berlaku untuk umum, namun kusus tenaga kerja yang ingin bekerja diluar negeri selain dapat menunjukkan paspor lama dan KTP harus mendapat surat rekomendasi dari  Dinas Ketenagakerjaan setempat.”Kalau tidak ada surat rekomendasi dari dinas terkait, kita tidak bisa memproses paspor,”ujarnya.
 
Karena Kantor Imigrasi Kediri saat ini melakukan pengetatan terhadap warga Indonesia  yang ingin bekerja di luar negeri. Diantaranya harus mendapat surat rekomendasi dari dinas terkait. 
 
“ Mulai Januari  hingga Mei kemarin sudah ada sekitar 150 Paspor yang kita pending, karena ada persyaratan administrasi yang tidak lengkap diantaranya tidak ada surat rekomendasi dari dinas terkait,”imbuhnya.
 
Selain itu Kantor Imigrasi juga melakukan deportasi imigran gelap sebanyak 10 orang. Mereka berasal dari negera asia. Diantaranya dari Korea dan RRC, sebagai tenaga kerja asing yang dideportasi 4 harus melalui proses yustisia, dan 6 lainnya langsung dipulangkan ke negaranya.(bad/dra)

Create Account



Log In Your Account