Habis Masa Keanggotaan,BPSK Segera Buka Pendaftaran
By: Wahyu
19 Des 2016 00:00
 
 
KEDIRI(BM)- masa jabatan anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK Kota Kediri segera habis bulan ini. Maka itu Dinas perindustrian Perdagangan Mineral Energi (Disperindagtamben) Kota Kediri mulai mempersiapkan perekrutan anggota baru.
 
Menurut Yetty Sisworini, bahwa BPSK merupakan lembaga yang menangani penyelesaian sengketa antara konsumen dan pelaku usaha sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999. “Jadi yang mempunyai hak untuk mengajukan perkara ke sidang Arbirtase adalah konsumen yang bersengketa”, terangnya.
 
Lebih lanjut, dijelaskan bahwa BPSK beranggotakan 9 orang dari 3 unsur, yaitu unsur pemerintahan 3 orang, konsumen 3 orang, pelaku usaha 3 orang dan dibantu sekretariat sebanyak 6 orang dari staf pemerintah.
 
Sampai saat ini BPSK Kota Kediri sudah menyelesaikan banyak kasus sengketa konsumen di dalam kota dan dari luar Kota Kediri. “Karena di Jawa Timur belum banyak kabupaten/ kota yang mendirikan BPSK. Jadi BPSK Kota Kediri bertugas untuk membantu penyelesaian sengketa untuk Kab/kota eks karisedenan, bahkan Madiun”, jelas Yetty.
 
Mendekati masa habisnya masa jabatan keanggotaan BPSK, pihaknya berharap masyarakat Kota Kediri melalui Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dapat ikut berperan serta dalam mengikuti perekrutan calon anggota BPSK Kota Kediri.(roj/dra)

Create Account



Log In Your Account