Festival Jathilan Bromo Akan Guncangkan Nasional
Gubernur Jatim Bersama Bupati Probolinggo Di Festival Jathilan Bromo.
By: syaiful_bm_prob
28 Sept 2019 18:49
 
 

PROBOLINGGO (BM) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengamini ikhtiar Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama pelaku wisata dan masyarakat lokal dalam menjawab Pekerjaan Rumah untuk menjadikan wisata Gunung Bromo mendunia melalui even seni budaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Khofifah di acara Festival Jathilan Gunung Bromo kedua, pasa Sabtu (29/9) sore di Amfiteater Terbuka Hotel Jiwa Jawa Resort Desa Wonotoro Kecamatan Sukapura.

Gubernur Jatim menyatakan, berdasarkan trend kunjungan wisatawan eropa ke Indonesia, rata-rata memakan waktu 14 hari. Yakni dua hari di Candi Borobudur, satu hari di Gunung Bromo dan Kawah Ijen dan sepuluh hari sisanya di pulau Bali.

“Jadi PR kita adalah bagaimana kedepan untuk bisa mengajak para wisatawan terutama eropa agar mau berwisata di Gunung Bromo lebih lama. Paling tidak menjadi dua hari, syukur-syukur jika destinasi wisata lain bisa kita persambungkan,” ujarnya.

Menurut Khofifah, Festival Jathilan Bromo yang sedang di upayakan menjadi agenda wisata rutin di kawasan Gunung Bromo, menjadi salah satu program pemerintah pusat untuk menyiapkan kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Sehingga dampaknya dirasakan langsung oleh daerah Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang.

"Agenda ini bisa kita jadikan kalender bersama, bukan hanya menjadi kalender wisata Bromo dan Kabupaten Probolinggo saja, tetapi bisa kita jadikan satu kesatuan bersama kalender Pemerintah Provinsi Jawa Timur,"katanya.

Melihat antusias penonton dan kemasan festival yang cukup berkelas, Khofifah berharap kedepan Festival Jathilan menjadi salah satu alasan bagi wisatawan mancanegara menambah harinya untuk tinggal lebih lama di kawasan BTS.

"Kemudian kita lanjutkan sebagai satu kesatuan kalender wisata nasional. Dengan begitu maka akan menjadi penunjang wisata baru disamping panorama alam Gunung Bromo,” pungkasnya. (sip)


Create Account



Log In Your Account