Diambil Sumpah, Bek Persebaya Otavio Dutra Resmi WNI
Otavio Dutra (kiri) Saat Pengambilan Sumpah Setia Sebagai WNI Di Kemenkumham Jawa Timur, Jum'at (27/9) Siang. (ISTIMEWA)
By: harun
27 Sept 2019 16:21
 
 

SURABAYA (BM) - Setelah melalui proses panjang, pemain belakang Persebaya Surabaya, Otavio Dutra akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pasalnya, pemain kelahiran Fortaleza, Brazil ini telah diambil sumpah setia sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur, Jum'at (27/9) Siang.

"Ini seperti mimpi, saya senang dan bangga bisa menyelesaikan pengambilan sumpah menjadi WNI hari ini," ungkap Dutra.

Pemilik nomor 5 itu menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu mewujudkan impian menjadi bagian negara Republik Indonesia. "Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk pemerintah, manajemen, suporter, dan seluruh awak media, yang selama ini mendukung saya, untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia," imbuh Dutra.

Meski sudah menyelesaikan rangkaian seremoni untuk menjadi WNI, Dutra tidak otomatis bisa langsung membela Timnas Indonesia. Sebab, dirinya masih menunggu KTP dan paspor agar bisa membela tim Merah Putih. Rencananya, minggu depan semua dokumen tersebut sudah diterima.

Usai sumpah setia, Dutra akan langsung menyusul rekan-rekannya ke Banjarmasin guna persiapan menghadapi Barito Putera. "Sambil menunggu dokumen saya, yang kira-kira minggu depan sudah selesai, dan semoga bisa segera bergabung dengan Timnas," tutur Dutra.

Sementara itu, kebahagiaan Dutra juga dirasakan istri dan putrinya, yang tidak dapat menyembunyikan kebahagiaan. "Saya bahagia Papa bisa mewujudkan keinginannya selama ini, menjadi WNI, rencananya nanti, saya juga akan menyusul Papa menjadi WNI," ungkap putri Dutra, Luana.

Ketua Kanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Timur, Dr Susy Susilawati SH MH, berpesan kepada Dutra setelah memimpin prosesi pengambilan sumpah. "Saya ucapkan selamat kepada Dutra, mulai hari ini sudah menjadi bagian dari keluarga besar Republik Indonesia," kata Susy.

Labih lanjut, Susy mengaku senang, kini Dutra akan bisa all-out membela Persebaya dan Timnas Indonesia, tanpa merasa dirinya orang asing. "Karena sudah sah sebagai WNI," imbuhnya.

Proses naturalisasi Dutra sendiri memakan waktu kurang lebih satu tahun. Kala itu, Menpora Imam Nahrawi dan Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto banyak membantu dalam proses di DPR RI, baik Komisi X maupun Komisi III. Sampai akhirnya, Presiden Republik Indonesia menandatangani Surat Keputusan Tertanggal 12 September Yang Menetapkan Dutra menjadi WNI. (*)


Create Account



Log In Your Account