PT SSI Peroleh Ijin Resmi dari BI
PT SSI secara rsmi telah memperoleh Ijin Resmi Pengolahan Uang Rupiah dari BI
By: Wahyu
22 Mei 2017 19:42
 
 
SURABAYA(BM)–Jasa pengisian uang di ATM bank kini mulai dilakukan sejumlah pihak. Diantaranya PT Swadharma Sarana Informatika (PT SSI) sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengolahan uang rupiah dan kini telah mendapatkan ijin resmi dari Bank Indonesia.
 
Ijin yang diberikan kepada PT SSI ini merupakan tindak lanjut atas Peraturan Bank Indonesia No 18/15/PBI/2016 tanggal 24 Agustus 2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia No 18/25/DPU tanggal 2 November 2016 tentang PJPUR. Sejak berdiri 21 tahun yang lalu, saat ini PT SSI sudah ada di 104 kota di Indonesia dengan jumlah karyawan 6000 orang dengan layanan mengisi 20.000 ATM dari seluruh Bank milik pemerintah dan bank swasta dan bank asing yang beroperasi di Indonesia.
 
“Didapatnya ijin dari Bank Indonesia ini, maka perusahaan kami mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dari pemerintah khususnya dari Bank Indonesia, dalam peredaran uang rupiah di Indonesia,” ungkap Direktur Utama PT SSI, John Yuwono.Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia (APJATIN), R. Inne Yuaniza, SE. mengatakan, dari 28 perusahaan anggota APJATIN di Indonesia, baru 26 yang melakukan kegiatan pengelolaan uang. di Jawa Timur sendiri ada 15 perusahaan yang beroperasi. Sebanyak 15 perusahaan yang beroperasi tersebut 2 perusahaan pengelolaan uang berkantor pusat di Surabaya dan sisanya merupakan cabang dari perusahaan yang memiliki kantor pusat di Jakarta.
 
“Tugas dari perusahaan anggota APJATIN itu ada 4 yakni pengangkutan uang tunai, pengisian uang tunai ke dalam mesin ATM, pemeliharaan mesin ATM pada tingkat pertama dan proses perhitungan dan pemisahan antara Uang Layak Edar (ULE), Uang Tidak Layak Edar (UTLE), Uang Meragukan dan Uang Mutilasi. Sampai saat ini kami sudah bekerjasama dengan 57 bank,” terang Inne.
 
Inne juga menambahkan bahwa dengan adanya ijin dari Bank Indonesia ini, maka perusahan jasa pengolahan uang tunai yang selama ini hanya menerapkan standar sesuai dengan peraturan perusahaan masing-masing, kini sudah memiliki standar yang sesuai dengan undang-undang dan aturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. (sur/dra)

Create Account



Log In Your Account