Pengusaha UMKM Se-Jawa Timur Deklarasikan DPD HIPMIKIMDO Jatim
Para Pengurus DPD HIPMIKIMDO Jatim Yang Telah Disusun, Selasa (24/09/19) Siang. (BM/HARUN)
By: harun
24 Sept 2019 15:44
 
 

SIDOARJO (BM) - Iklim kerja dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terus berkembang mendorong pertumbuhan organisasi yang menaungi, maupun koperasi yang berafiliasi dengan UMKM secara signifikan. Namun, beragam organisasi tersebut, selama ini masih bersifat komoditi, atau produk. Misalnya, organisasi UMKM komoditi kopi, dan sebagainya.

Tetapi kemudian, pada saat terjadi persoalan-persoalan terkait proses usaha, organisasi dimaksud tidak dapat berbuat apa-apa, semisal, perlindungan hukum, jejaring UMKM, hingga pengembangan iklim usaha. Alhasil, anggotanya memiliki ruang gerak terbatas.

Berangkat dari sini, bertempat di hotel syariah Green SA, Raya Juanda, Sidoarjo, Selasa (24/09/19) siang, telah dideklarasikan organisasi UMKM berskala nasional, DPD HIPMIKIMDO (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia) Jawa Timur. Memiliki lingkup kerja mirip dinas pemerintah, namun HIPMIKIMDO mempunyai ruang gerak lebih luas, karena sifatnya independen, sehingga bisa menjalin kerja sama dengan siapa saja.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Ketua DPD HIPMIKIMDO Jatim, Drs Bambang Wahyuono MM itu, untuk tahap awal disusun kepengurusan inti wilayah Jawa Timur, sekaligus menunjuk personal yang akan mengemban amanah untuk menyusun kepengurusan kabupaten/kota di daerah masing-masing.

"Tugas pokoknya, justru ada di pengurus kabupaten/kota, sebab kalau pengurus DPP pusat, umumnya, tugasnya lebih ringan, karena hanya membuat MoU, misalnya dengan lembaga asuransi, pasar modern, mini market. Nah, untuk pelaksanaan biasanya di kabupaten/kota, yang menerapkan di bawah," kata Bambang saat memimpin pertemuan.

Dalam kesempatan itu, juga dibentuk panitia persiapan pengukuhan pengurus DPD HIPMIKIMDO Jatim, dan DPC kabupaten/kota se-Jawa Timur. Dengan demikian, tahapan berikutnya dapat berjalan dengan baik. Namun, untuk upacara pengukuhan pengurus belum ditetapkan waktu dan tempatnya. (han)


Create Account



Log In Your Account