Festival Pesona Lokal Surabaya Dipadati Pengunjung
Pengunjung Memadati Area Festival Pesona Lokal Adira Finance. (HARUN)
By: harun
14 Sept 2019 16:22
 
 

SURABAYA (BM) - Ribuan pengunjung memadati kegiatan Festival Pesona Lokal Adira Finance di Parkir Timur Plaza Surabaya, Sabtu (14/09/2019) sore. Kegiatan CSR yang mengangkat tema "Rasakan Sensasi Pesona Lokal" ini mengajak warga Surabaya dan Jawa Timur untuk pertama kalinya merasakan kearifan budaya lokal.

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI, acara ini bertujuan untuk mempromosikan budaya, pariwisata dan kearifan lokal Jawa Timur. Tahun lalu, diadakan di Kota Malang, sedangkan 2019 ini dihadirkan di Kota Pahlawan. Oleh karena itu, juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Turut hadir Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa beserta jajarannya menyapa masyarakat yang hadir. Lebih dari 7500 orang dan 600 peserta mengikuti berbagai perlombaan, terdiri dari ekosistem Adira Finance, yakni karyawan, diler, agen dan mitra bisnis, juga komunitas, pelajar dan masyarakat umum.

Acara yang berlangsung mulai pukul 14.00 Wib dan berakhir jam 21.00 Wib itu, diawali parade Karnaval Budaya yang diikuti lebih dari 400 peserta, yang menampilkan kekayaan budaya Jatim, seperti baju adat, musik tradisional, hingga pertunjukan kesenian khas daerah masing-masing.

Selain itu, ada lomba tari lokal kontemporer, lomba desain khas kontemporer pada tong sampah, kompetisi Selebgram lokal, kemudian, ada permainan lokal, dan puncaknya penampilan terbaik Heavy Monster dan Dewi Persik.

Tidak hanya itu, pengunjung juga disuguhkan pasar rakyat dari booth-booth para sponsor, serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Jawa Timur yang inovatif dan kreatif. Terdapat pula, test drive bagi masyarakat yang ingin berkendara roda dua berbagai merk.

Beberapa sponsor yang mendukung terselenggaranya even ini, diantaranya sponsor utama Adira Insurance, dan sponsor lain, seperti MUFG Bank, Ovo, Pitoe Sarana Informatika, Honda, Coca Cola, Yamaha, Suzuki, Viar, Kawasaki, Manulife, Asuransi Sinar Mas, Isuzu, Asuransi Raksa Pratikara, Grab, Comforta, Bank Danamon, Telkom, Artajasa, dan Alibaba.

Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila menyambut baik kemeriahan acara. "Kita berterima kasih kepada masyarakat Surabaya dan Jawa Timur khususnya, telah meramaikan Festival Pesona Lokal. Program CSR Adira ini rutin tiap tahun, juga menyambut HUT Adira November mendatang," katanya saat doorstop disela-sela acara.

Masih I Dewa Made, tujuan dari acara ini untuk mempromosikan pesona lokal, sehingga bisa menunjang Pariwisata Indonesia. "Dari dua kota sebelumnya, Medan dan Denpasar, animo pengunjung dari target 7000 yang hadir 12000an, dan kelihatannya di Surabaya angkanya, tidak jauh dari 12000 orang," terangnya.

Adira Finance memilih sektor pariwisata, karena wisata diyakini mampu mendukung kemajuan perekonomian lokal sesuai program pemerintah. "Kalau wisata ke luar negeri, maka duitnya ke luar negeri. Kalau wisata lokal, duitnya lokal, masyarakat lebih sejahtera, dan mudah-mudahan kreditnya, nanti ke Adira Finance," kelakarnya. (han)


Create Account



Log In Your Account