Pemdes Desa Sempol Dan Bandilan Laksanakan Giat Foging Untuk Cegah Serta Putuskan Mata Rantai.
 
 
By: joko
20 Apr 2024 20:26

 

Bondowoso ( BM ) Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi di kala musim hujan tapi lebih rawan lagi pada musim Awal penghujan dan di akhir musim penghujan,hal tersebut akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya, salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak kesehatan lakukan pencegahan dengan memutuskan mata rantai dalam penyebarannya,dengan penyemprotan asap atau fogging.
 

Hal tersebut seperti yang telah direncanakan oleh pihak puskesmas prajekan,Pemerintah Desa Sempol dan Desa Bandilan melaksanakan Fogging nyamuk untuk pencegahan demam berdarah. Sabtu 20/4/24.

Kepala Desa Sempol Mohammat hosen mengatakan,"adanya penyakit Demam Berdarah atau sering kali disebut dengan penyakit DBD, maka bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitar, Pemerintah Desa Sempol merasa perlu memastikan agar warga sekitar tetap aman dan tidak terjangkit penularan DBD dengan cara melakukan penyemprotan asap (fogging)." Ujar Hosen.

Pada kesempatan yang kepala Desa Bandilan Sundari menyampaikan,"Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida." Ujar Ipung panggilan sehari- hari.

Ipung melanjutkan,atas nama pemdes Bandilan juga kepala Desa Bandilan,Dirinya apresiasikan para pelaksana giat foging yang dilaksanakan di dua Desa sekaligus.

Kepala puskesmas Prajekan drg.Leza lolita menyampaikan,banyak terimakasih kepada forpimcam Prajekan hal ini tiga pilar yang mana telah membantu kelancaran foging di Desa-Desa se Kecamatan prajekan."untuk di ketahui bahwa fogging dipercaya efektif sebagai upaya penanggulangan saat terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit DBD di suatu daerah dan memutuskan mata rantai penyebarannya, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi. Fogging dengan cepat menurunkan populasi nyamuk." Papar Leza.

Kegiatan Fogging di Pemerintah Desa sempol dan Bandilan adalah salah satu bentuk kerjasama dengan tiga pilar bersama bidan Desa, perawat Desa  dan tentunya dengan petugas Puskesmas Prajekan ( Sun )


 


 


 


 

 


 


 


Create Account



Log In Your Account