Tiap Desa Dan Kelurahan Di Kota Batu Bakal Dibuatkan Paket Wisata
DESTINASI: Wisata Petik Stroberi Di Kampung Stroberi Dusun Pandan, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Yang Dikelola BUMDes. (ISTIMEWA)
By: harun
26 Jan 2020 17:20
 
 

BATU – Menyisakan masa bakti tiga tahun mendampingi Wali Kota Dewanti Rumpoko, Wawali Kota Batu Punjul Santoso memastikan semua desa dan kelurahan di Batu memiliki destinasi wisata sesuai potensi masing-masing.

Ia berharap tahun 2020 ini seluruh desa dan kelurahan memiliki minimal dua atau tiga destinasi wisata unggulan.

“Tahun ini pemerintah akan mengucurkan dana untuk itu semua. Masing-masing desa dan kelurahan akan mendapatkan. Karena dananya terbatas, minimal satu desa dan kelurahan memiliki satu sampai tiga destinasi wisata,” terang Wawali Punjul, Minggu (26/1/2020).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan, saat ini 24 desa dan kelurahan di Kota Batu sudah memiliki destinasi wisata. Namun sayangnya, tidak semua desa memiliki paket wisata.

“Hanya sebagian yang sudah memiliki paket wisata. Artinya, di desa itu tidak hanya satu destinasi wisata saja, tetapi banyak destinasi,” ujar Imam Suryono.

Sebab, lanjut Imam, jika banyak destinasi, nantinya bisa dibuat sistem paket. Misalnya per paket tarifnya Rp150 ribu atau Rp200 ribu. “Wisatawan itu biasanya akan tanya, ada destinasi apalagi yang bisa dikunjungi,” tuturnya.

Ia menyontohkan Desa Pandanrejo. Selain rafting, wisatawan juga bisa melihat petik stroberi dan Coban Lanang. Demikian juga di Desa Bumiaji. Di desa ini wisatawan tidak hanya datang ke obyek petik apel, tetapi juga petik jambu dan lainnya. “Selain itu Desa Gunungsari dan Tulungrejo juga telah menerapkan paket wisata,” pungkasnya. (*)


Create Account



Log In Your Account