Pemkot Batu Dukung Pencegahan Stunting Lewat Kampaye Isi Piringku
CEGAH STUNTING: Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kedua Dari Kanan) Terlihat Ceria Saat Menghadiri Kampanye Isi Piringku Di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (28/1/2020) Siang. (ISTIMEWA)
By: harun
28 Jan 2020 17:45
 
 

BATU - Non Goverment Organization (NGO) yang bergerak di bidang kesejahteraan masyarakat, kesehatan, lingkungan dan infrastruktur, Spektra Jawa Timur menggandeng Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Batu, serta Danone Indonesia melaksanakan kegiatan "Gathering Isi Piringku” di GrahaPancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (18/1/2020) siang.

Kegiatankampanye Isi Piringku ini untukmengedukasi tentang pangan dan gizi bagi anak berusia empat hingga lima tahun itudiharapkan agar anak-anak terhindar dari bahaya stunting dan dapat tumbuh kembang secara proporsional sesuai dengan tahapan usianya.

Program Isi Piringku inisendiri dimulai sejak 2017. Hingga kini telah selesai dilaksanakan di 251 lembaga Paud/TK denganjumlah 13.284 anak. Secara menyeluruh, juga melibatkan paraguru, siswa beserta orang tua siswa sebanyak 28.062 orang. 

Gatheringini bertujuan yang pertama, untuk meneguhkan kembali semangat dan komitmen pentingnya gerakan Isi Piringku menjadi gerakan bersama untuk menurunkan angka stunting sekaligus menjadi upaya nyata dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Selanjutnya yang kedua, menjadikan media sharing pengalaman dalam melakukan berbagai kegiatan kampanye dan edukasi Isi Piringku di masing-masing daerah guna dijadikan inspirasi dalam mengembangkan program dimasa yang akan datang.Kemudian yang ketiga, memberikan apresiasi kepada lembaga PAUD/TK yang telah sukses dalam melaksanakan program Isi Piringku.

Dan yang keempat, mengadvokasi cara-cara terbaik program Isi Piringku kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung berkepentingan terhadap tumbuh kembang anak secara proporsional dengan asupan pangan Isi Piringku.

Kegiatan gatheringyang diikuti oleh 300 peserta, meliputi orgasisasi profesiIGTKI, lembaga Paud/TK, siswa, orang tua siswa, TP PKK dan manajemen CSR Danone Indonesia tersebut juga digelar kompetisi cara edukasi Isi Piringku disekolah dan kompetisi sajian Isi Piringku.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan siap mendukung kegiatan ini. “Tadi dijelaskan, bagaimana cara orang tua menyajikan makanan lengkap dan bergizi, itu sangat penting. Memang banyak orang tua yang kurang sabar karena sibuk, sehingga anak tidak mengenal macam-macam makanan bergizi. Untuk itulah gathering ini sangat penting,” tuturnya.

Untuk itu, pemkot melalui dinas pendidikan juga memiliki program penanggulangan stunting, seperti asupan makanan bergizi tiap sekolah dan minum susu gratis. “Sinergitas dengan pihak swasta sangat penting untuk mempercepat dan memaksimalkan program pemerintah pusat. Saya berharap gathering ini bisa memotivasi orang tua dan guru, bagaimana mengolah makanan yang menarik dan bergizi untuk anak,” imbuh Dewanti.

Sementara itu, Manager Health and Nutrition Danone Alwan Buchori mengatakan, sangat mendukung program pemerintah. “Selain mengkampanyekan ‘Ayo Minum Air 6 Gelas Perhari’, kegiatan ini juga demi meneguhkan kembali semangat dan komitmen pentingnya gerakan ‘Isi Piringku’ menjadi gerakan bersama untuk menurunkan angka stunting sekaligus menjadi upaya nyata dalam meningkatkan kualitasSDM Indonesia,”tegasnya. (han)


Create Account



Log In Your Account