Jalur Wisatawan Jadi Prioritas Penambalan Dinas PUPR Kota Batu
Lubang Besar Di Jalan AP III Katjoeng Permadi, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Selasa (17/12) Siang. (BM/IST)
By: harun
17 Des 2019 16:57
 
 

BATU (BM) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu akan melakukan pemeriksaan terhadap jalan-jalan protokol dan alternatif. Namun, untuk perbaikan akan diprioritaskan bagi jalan-jalan alternatif, karena jalur alternatif digunakan rombongan wisatawan memasuki Kota Wisata Batu jelang perayaan Tahun Baru 2020.

Pemeriksaan dilakukan setelah Dinas PUPR mendapatkan laporan, kalau di beberapa ruas jalan alternatif timbul lubang. Penyebab lubang jalan karena Kota Batu telah memasuki musim penghujan. Sehingga, permukaan jalan yang melunak terkena air hujan, mudah rusak saat dilalui kendaraan.

Kepala DPUPR Kota Batu Ir Himpun mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat laporan adanya jalan berlubang tersebut. Untuk itu, pihaknya langsung memetakan jalan-jalan berlubang yang ada di Kota Batu, khususnya di beberapa jalur alternatif.

“Kami sudah meminta tim untuk langsung turun ke lapangan untuk memeriksa dibeberapa jalan protokol maupun jalan alternatif yang ada di Kota Bata,” katanya, Selasa (17/12) siang.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Batu untuk melakukan pemeliharaan jalan berlubang, dan rencananya ditargetkan rampung sebelum Natal dan Tahun Baru. "Harapannya supaya wisatawan dan masyarakat yang melintas bisa aman dan nyaman dalam berkendara," timpalnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi menyatakan, perlu adanya pemantauan langsung di lapangan dan segera ada penanganan, khususnya bagi Dinas PUPR. Banyaknya jalan berlubang yang bermunculan akibat musim penghujan ini, ia berharap ada tindakan cepat penambalan jalan.

“Jalan berlubang dikhawatirkan membahayakan pengendara di Kota Batu maupun wisatawan yang datang. Apalagi mendekati libur Natal dan Tahun Baru 2020, pastinya banyak pendatang, atau wisatawan yang hadir ke Kota Batu,” ujarnya.

Asmadi sendiri telah melapor ke Bina Marga. "Saya sudah laporkan hal ini ke Dinas PUPR. Mereka akan segera melakukan tindakan penambalan jalan berlubang tersebut, dan targetnya akan selesai dilakukan sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang,” ungkapnya.

Lebih jauh, Asmadi berjanji akan melakukan sidak langsung karena pembenahan jalan berlubang ini juga merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Batu.

Sementara itu, hasil pantauan beberapa titik lubang, yang paling parah ditemukan di Jalan AP III Katjoeng Permadi, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, dan Jalur Lintas Barat (Jalibar) di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Di dua titik tersebut terdapat diameter lubang mencapai 2 m dengan kedalaman sekitar 30 cm. (*)


Create Account



Log In Your Account