DPK Kota Batu Luncurkan Produk Layanan Perpustakaan Digital E-Book
Sekda Pemkot Batu Zadiem Effisiensi (dua Dari Kiri) Saat Meluncurkan Aplikasi EBook DPK Kota Batu, Selasa (17/12) Siang. (BM/IST)
By: harun
17 Des 2019 16:22
 
 

BATU (BM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Batu secara resmi telah meluncurkan produk layanan perpustakaan berbasis digital eBook di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (17/12) siang. Aplikasi eBook merupakan program kegiatan layanan perpustakaan yang cepat, akurat, efisien dan berbasis digital. 

Dalam sambutannya, Sekda Pemkot Batu Drs Zadiem Efisiensi MSi berharap, di era digital ini eBook dapat meningkatkan minat baca dan mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama bagi masyarakat Kota Batu. Sebab, eBook bisa diakses melalui media elektronik seperti ponsel dan komputer.

"Saat ini, masih banyak masyarakat yang kurang memanfaatkan keberadaan perpustakaan karena minat baca kurang. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan masyarakat lebih tertarik menggunakan ponsel daripada membaca buku,” ulas Zadiem mewakili sambutan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Untuk itu, dalam revolusi industri 4.0 ini perpustakaan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional. Layanan eBook merupakan salah satu inovasi yang perlu dikembangkan supaya minat baca masyarakat bisa meningkat, dan dapat menjadi tempat inklusi (beragam) sosial masyarakat.

"Kalau bisa ke depannya, digitalisasi buku perpustakaan seperti ini, tidak hanya diterapkan di perpustakaan kota saja, tetapi perpustakaan milik sekolah juga, karena ini menjadi salah satu inovasi di era digital, supaya pelajar dan masyarakat pada umumnya bisa memperluas wawasannya lewat membaca dan bisa mengurangi kegiatan yang kurang produktif seperti bermain game dan lain-lain," Pesannya.

Hal senada diungkapkan Kabid Perpustakaan Kota Batu Mawardi bahwa launching eBook ini bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat, serta meningkatkan pelayanan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi di era digital. Selain itu, lebih mendekatkan dan mempermudah masyarakat Kota Batu dalam mengakses berbagai buku perpustakaan.

“Dengan aplikasi eBook, masyarakat tidak perlu lagi lama-lama dan repot lagi mengakses buku yang ada di perpustakaan kota. Cukup dengan mendaftarkan ID ke DPK Kota Batu untuk mendapatkan password kemudian mendownload aplikasi ebook perpustakaan Kota Batu di Google Play Store dan Appstore lainnya. Masyarakat bisa menikmati perpustakaan versi digital ini dimanapun, dan kapanpun,” terang Mawardi.

Lanjut Mawardi, untuk buku yang sudah didigitalisasi 160 eksemplar dari total 30.262 eksemplar buku yang dimiliki Perpustakaan Kota Batu. Dan, hingga November ini pengunjung perpustakaan tercatat 6.000 lebih, dengan rata-rata per bulan, antara 500 hingga 1000 pengunjung.

"Sejauh ini orang yang datang ke perpustakaan sekitar 6.000 orang lebih dengan rata rata orang yang datang tiap bulannya sekitar 500 sampai 1000 orang. Jumlah ini tidak menentu, tergantung dari keinginan dan kebutuhan masyarakat untuk datang ke perpustakaan kota,” Tutupnya. (*)


Create Account



Log In Your Account